BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0712/Tegal Melaksanakan Komsos dengan Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Dandim 0712/Tegal Melaksanakan Komsos dengan Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Dandim 0712/Tegal Melaksanakan Komsos dengan Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Tegal – Minggu, 15 Januari 2017 pukul 21.00 s.d 00.50 wib bertempat di halaman Masjid Baitush Sholichin Desa Kebasen Kec. Talang Kab. Tegal Dandim 0712/Tegal menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H/ 2017 M, yang diselenggarakan oleh Majelis Ta’lim Sholawat Kebasen Talang Tegal bersama Pemda Kab. Tegal, TNI/Polri dan masyarakat, mengambil tema “ Dengan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk memperkuat Pengembangan Ekonomi Pertanian Dalam Memperkokoh Ideologi Bangsa”, yang diikuti + 5000 jamaah

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tegal Entus Susmono; Kapolres Tegal AKBP Heru Sutopo, SIK; Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos; Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan); KH. Abdulloh Sa’ad (Solo); KH. Subhan Makmun (Brebes); SKPD Kab. Tegal; Ketua DPRD Kab. Tegal A Firdaus Assyaerozi, SE; Rois Syuriah PC NU Kab. Tegal KH. Khambali Ustman; Muspika se-Kab. Tegal dan Masyarakat Tegal.

Dalam sambutan Dandim 0712/Tegal mengatakan Kisah Nabi Muhammad SAW dan juga perjuangannya dalam membela agama Allah SWT banyak sekali dan juga butuh diteladani. Terutama, perjuangan ketika Rasul ALLAH Muhammad SAW dan juga pasukannya berperang melawan musuh Allah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad pertama kali diselenggarakan oleh penguasa Islam di Timur Tengah. Hingga zaman sekarang, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW selalu di pertahankan oleh berbagai kalangan. Tradisi tersebut dipertahankan guna untuk membesarkan nama, mencintai beliau dan juga meneladani ajarannya.

Dalam tausiyah KH. Abdulloh Sa’ad dari Solo menjelaskan bahwa Kitab Suci Al Quran isinya tidak diragukan dan merupakan kebenaran, Al Quran menceritakan tentang kisah Nabi Muhammad SAW yang benar-benar terjadi/nyata, hal tersebut juga dijelaskan dalam beberapa hadist serta kisah-kisah sejarah yang menceritakan tentang kebenaran Nabi Muhammad SAW. Terdapat 3 (tiga) ajaran yang dibawa oleh setiap Nabi dari Nabi Adam AS sampai dengan Nabi Muhammad SAW, yaitu akidah, sariah dan akhlak. Akidah yang dibawa oleh para Nabi adalah sama yaitu Laillahaillallah (tiada Tuhan selain Allah), sedangkan sariah yang dibawa oleh setiap Nabi berbeda karena sariah tersebut harus mengikuti perkembangan/perubahan jaman dan Ahlak setiap Nabi sama karena setiap Nabi pasti mengajarkan kebaikan.

Ahlak para Nabi harus kita tauladani, terutama bagi kaum Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir, Nabi akhir jaman, Nabi penutup dari pada nabi-nabi sebelumnya. Fitrah manusia adalah mencari kebenaran, semua manusia mencari kebaikan karena fitrah merupakan ajaran yang suci yang dibawa manusia semenjak lahir kedunia.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Islam yang baik adalah Islam yang merangkul bukan Islam yang memukul, Islam yang mencintai bukan Islam yang menyakiti, potret kekerasan tidak ada dalam ajaran Islam. Orang Islam akan dianggap sebagai Islam yang baik apabila bisa menghargai agama lain, hal tersebut juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada jamannya dimana beliau merangkul semua orang yang memiliki perbedaan keyakinan dengan beliau.

Keindahan Islam adalah mengajarkan manusia tentang persaudaraan. Persaudaraan antara bangsa, persaudaraan antara teman, persaudaraan antara suku dan lain sebagainya, ajaran tersebut juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kenikmatan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia diantaranya adalah adanya perbedaan. Perbadaan Suku, Agama dan RAS, perbedaan tersebutlah yang dapat mempersatuan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar, bangsa yang kokoh hingga sekarang ini. Marilah kita sebagai Umat Muslim agar bersama-sama Bertaqwa kepada Allah SWT dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, kita wajib beriman kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer