BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0716 Demak Hadiri Acara Lomba Rancang Busana
Dandim 0716 Demak Hadiri Acara Lomba Rancang Busana

Dandim 0716 Demak Hadiri Acara Lomba Rancang Busana

Untuk kesekian kalinya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Demak menggelar lomba rancang busana kain tradisional. Rancangan busana ini murni kreativitas sendiri, masih mengangkat pamor kain batik dan lurik.

Demikian disampaikan Ketua Dekranasda Demak, Fathkiyyah Dachirin Said, Selasa (12/10/15) Pukul 21.00 wib bertempat di Pendopo Kabupaten Demak. Event rutin tahunan ini digelar dalam rangka mendorong pertumbuhan kerajinan dan produk unggulan Kabupaten Demak.

’’Melalui kegiatan ini, kami memotivasi desainer-desainer muda agar mampu menjadikan palaian batik dan tenun sebagai busana kasual yang menarik. Tema rancang busana kali masih menonjolkan nilai-nilai budaya Islam dan kebudayaan masyarakat Demak.’’

Lomba rancang busana ini dikategorikan menjadi dua yakni busana Kerja dan busana Tradisional untuk wanita dan pria. Peserta lomba bisa mengombinasikan kain batik khas Demak dengan kain lainnya atau kain tenun dengan bahan lainnya.

Untuk kain batik yang digunakan harus bermotif ornamen khas Kota Wali seperti masjid agung, jambu, belimbing, bledhek dan sisik. Adapun desain busana yang dikirimkan ke panitia sudah siap pakai, baik untuk kerja, busana setengah resmi dan sopan.

Rancangan busana peserta dikirimkan paling lambat  5 Oktober sebelumnya. Adapun hasil rancangan tersebut akan diperagakan pada 12 Oktober.

’’Hasil karya peserta akan dinilai dari aspek orisinalitas dan kreativitas, keserasian rancangan dari segi motif dan aksesori yang digunakan. Ditambah kerapian pola dan teknik jahitan,’’ imbuhnya.

Para peserta diharuskan mengikuti wawancara dengan juri dan pada sesi inilah memiliki poin tertinggi. Lomba ini terbuka untuk umum dan peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Hadir pada acara tersebut Bupati Demak Drs HM.Dachirin Said SH,M.SI,Dandim 0716 Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, Kapolres Demak yang diwakili oleh Kapolsek Demak Kota Ipda Sugeng Riyadi BPS,SH,Setda Demak Dr.Singgih Setiyono,ketua Dekranasda grobogan ibu Diyah Nariyah Bambang Pujiono serta tamu undangan lainnya.

Panitia menyediakan hadiah uang tunai, piala dan piagam penghargaan untuk juara I sampai dengan juara harapan II. Total hadiah yang disedikan lebih dari Rp 20 juta.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer