BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0716 Demak Hadiri Pembukaan Pameran Buku Murah
Dandim 0716 Demak Hadiri Pembukaan Pameran Buku Murah

Dandim 0716 Demak Hadiri Pembukaan Pameran Buku Murah

Festival Pameran Buku Murah yang diselenggarakan Perpusdadan Pemda Demak diadakan dari Kamis (15/10/2015) hingga Rabu (21/10/2015)diikuti oleh berbagai penerbit di Indonesia. Nantinya juga akan diselenggarakan 9 lomba bagi pelajar TK dan SD di Masjid Agung Demak,Jln Alun-Alun Demak.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut diantaranya Bupati Demak HM.Dachirin Said,Dandim 0716 Demak Letkol Inf Nanang T.TWibisono S.A.P,Kapolres Demak yang diwakili oleh Kapolsek Kota,Sekda Demak,Panitia Festival Pameran Buku Murah dan tamu undangan lainnya. Pemenang lomba akan mendapat tropi, piagam, dan uang pembinaan yang akan diberikan langsung oleh Bupati Demak pada penutupan pameran, Rabu (21/10/2015).

Dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan selain pemerintah yang wajib mendorong masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca buku, penerbit dan toko buku juga dituntut turut serta melakukan peran yang sama. Mereka perlu mengedukasi masyarakat dan mengambil perhatian masyarakat terhadap buku.

Jika kita melihat produsen rokok, barang elektronik, consumer goods, dan industri perbankan gencar melakukan promo dan iklan, baik melalui above the line maupun bellow the line  guna mencuci otak masyarakat agar berminat terhadap produk mereka, maka sudah seharusnya penerbit dan toko buku melakukan usaha yang sama, bahkan lebih, untuk mengambil hati masyarakat agar tertarik pada buku. Terlebih upaya ini punya sisi yang mulia yaitu mencerdaskan masyarakat. Kesediaan penerbit dan toko buku menjemput bola, berpartisipasi dalam Pesta Sejuta Buku patut diacungi jempol.

“Kita sebagai masyarakat, seberapa besar ‘budaya membaca buku’ kita? Kita berharap upaya mentradisikan membaca buku mendapat dukungan dari berbagai pihak dan bisa sukses,”jelas Bupati Demak.

Sebanyak 30 stan pameran di pelataran Masjid Agung Demak ramai dikunjungi pelajar. Ada stan buku, fashion, asesoris, dan stan herbal.

Di Demak hal itu bisa kita buktikan dalam kehidupan sehari-hari, jarang kita temui aktivitas orang membaca buku di ruang publik, saat menunggu, atau dalam perjalanan. Bahkan yang berseragam sekolah atau mahasiswa sekalipun jarang kedapatan membaca buku.

Sedikitnya jumlah dan ragam buku berkualitas yang up to date, serta akses buku yang sulit dan mahal, kerap menjadi kendala yang ditemui di daerah. Tradisi bertutur lisan dalam menyebarkan dan menggali informasi, ditambah maraknya budaya komunikasi non-lisan melalui gadget (sms, googling, media sosial) semakin sirnalah kebiasaan membaca buku.

Untuk itu perlu upaya menumbuhkan budaya membaca buku di masyarakat. Salah satunya adalah menghadirkan beragam jenis buku berkualitas dengan harga murah dalam jumlah banyak. Pameran buku ini diharapkan menjadi oase bagi minat baca yang selama ini mengering. Beragam jenis buku berkualitas menjadi sumber penawar yang mengobati dahaga kebutuhan informasi warga. Kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan dalam mengatasi permasalahan kehidupan yang makin rumit, diharapkan dapat dipenuhi dari buku-buku tersebut. Sehingga masyarakat menjadi tertarik menggali ilmu dari buku.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer