BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0732/Sleman Buka Pameran Alutsista Dalam Rangka Merti Desa Wonokerto
Dandim 0732/Sleman Buka Pameran Alutsista Dalam Rangka Merti Desa Wonokerto

Dandim 0732/Sleman Buka Pameran Alutsista Dalam Rangka Merti Desa Wonokerto

Turi – Bertempat di Balaidesa Wonokerto, Kec Turi, Kab Sleman telah berlangsung pembukaan Pemeran Alutsista TNI AD Expo 2017 dalam rangka Merti Bumi Desa Wonokerto oleh Letkol Arm Djoko Sudjarwo (Dandim 0732/Slm) dihadiri lk 100 orang. Senin (06/11)

Dalam sambutan yang disampaikan Bpk Tomon Haryo Wirosobo (Kepala Desa Wonokerto),” Saya harap warga Wonokerto diberi kesehatan dan keselamatan,
saya juga ucapkan trimakasih kepada Dandim 0732/Slm yang sudah mendukung penyelenggaraan pameran Alutsista ini”.

Acara ini sebagai acara yang pertama kali diadakan oleh pemerintah yang mendapat apresiasi yang sangat baik oleh warga Wonokerto. Acara ini diadakan dibulan sapar. Wonokerto adalah daerah paling ujung DIY dan dekat dengan merapi, daerah Wonokerto memprioritaskan dengan pengadaan sumber air diwilayah kami dan mari kita bersama – sama menjaga alam iniAcara ini akan berakhir hari minggu dan diakan kirab tumpeng, ujar Kades Wonokerto.

Sedangkan Komandan Kodim 0732/Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwo menyanpaikan
Merti Bumi merupakan istilah atau bentuk nama dari sekian nama ritual masyarakat Indonesia khususnya masyarakat pedesaan tradisional. Banyak terdapat nama atau bentuk acara yang masih dilakukan oleh mayoritas masyarakat yang umumnya simbol manifestasi rasa syukur pada Tuhan YME yang telah memberikan kemurahan berupa rizki, kesehatan, keselamatan dan sebagainya. Upacara adat ini disebut Merti Bumi yang dilakukan tiap tanggal 1 Sapar di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman.

Dalam kegiatan ini juga terkandung muatan bagi para generasi muda Untuk bersama melestarikan seni dan tradisi budaya yang ada di masyarakat kita dan diharapkan agar mampu memahami tradisi masyarakat Jawa yang harus terus dilestarikan seiring dengan perkembangan zaman. Kegiatan ini sebenarnya bertujuan untuk mengembangkan semangat dan motivasi masyarakat dalam mengembangkan potensi desa yang ada serta didalamnya juga merupakan tindak Ianjut dari program pemerintah yaitu TMMD 2017.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena didalamnya terdapat pameran Alutsista yang dimiliki oleh TNI. Terkait dengan Pameran yang digelar TNI tentu juga tidak terlepas dari niat tulus kami untuk membangun hubungan yang sehat dan harmonis serta tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI dan Rakyat dan sisi Iain yang kami harapkan adalah, terbukanya akses informasi dan wawasan serta tambahan ilmu masyarakat dalam mengenal perkembangan Alutsista yang dimiliki TNI saat ini.

Kegiatan ini juga memberikan stimulan bagi terwujudnya kebersamaan dan persatuan bagi segenap komponen bangsa khususnya warga Kabupaten Sleman dan sekitarnya termasuk terpenuhinya rasa ingin tahu masyarakat terhadap Alutsista TNI. Akhirnya kami sangat berharap adanya kesamaan pandangan dan persepsi dari masyarakat bahwa negara ini butuh TNI yang kuat, solid dan profesional serta terhindar dari upaya tarik menarik kepentingan yang membuat TNI menjadi terpecah konsentrasinya dalam tugas., tegas Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Letkol arm Djoko sudjarwo (Dandim 0732/Slm), Perwira staf kodim 0732/Slm, Danramil se Kodim 0732/Slm, Anggota Ba Ta Kodim 0732/Sleman, Muspika kecamatan Turi dan masyarakt Wonokerto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer