BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0733 Kota Semarang Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah
Dandim 0733 Kota Semarang Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah

Dandim 0733 Kota Semarang Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah

Dandim 0733 Kota Semarang Letkol Kav Puji Setiono menghadiri pelantikan pengurus baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah yang dilantik oleh Ketua PWI Pusat Margiono di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jl. Pahlawan Semarang. Pelantikan pengurus baru periode 2015-2020 yang diketuai oleh Amir Machmud juga dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni SP yang didampingi Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Zainul Bahar, jajaran Muspida dan beberapa tamu undangan (23/09).

Saat ini hanya ada tiga organisasi kewartawanan yang sudah terakreditasi oleh Dewan Pers, diantaranya PWI, AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). Anggota PWI ada sekitar 20 ribu, AJI dua ribu dan IJTI juga sekitar dua ribu orang. Hanya seseorang yang bernaung dalam sebuah media berbadan hukum boleh menjadi anggota organisasi kewartawanan dan diakui karyanya sebagai karya jurnalisti. Jika ada seseorang yang mengaku sebagai wartawan tetapi tidak dalam sebuah media berbadan hokum, bisa dipertanyakan.

Dalam acara tersebut Ketua PWI Pusat Margiono menyampaikan kalau ada yang mengaku sebagai wartawan tetapi tidak melakukan kerja jurnalistik dan hanya menunggu sampai diberi uang saku, tidak bisa disebut jurnalis. Jika terjadi sesuatu, kami silahkan pihak kepolisian untuk menanganinya. Demikian juga jika ada permasalahan dengan media dan berbadan hukum, persoalan dapat diselesaikan dengan mekanisme tertentu. Pertama hak jawab dan jika belum ada titik temu, bisa diselesaikan melalui dewan pers. Berbeda jika ternyata media tersebut tidak berbadan hukum maka persoalannya bisa ditangani oleh pihak kepolisian.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer