BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0734/Yogyakarta Berikan Materi Wasbang kepada Calon Anggota Gabungan Menwa Mahakarta Tahun 2017 Se-DIY
Dandim 0734/Yogyakarta Berikan Materi Wasbang kepada Calon Anggota Gabungan Menwa Mahakarta Tahun 2017 Se-DIY

Dandim 0734/Yogyakarta Berikan Materi Wasbang kepada Calon Anggota Gabungan Menwa Mahakarta Tahun 2017 Se-DIY

Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf. H.M Gurning, S.I.P pada hari Minggu Pagi jam 08.00 sampai dengan Pukul 10.00 WIB, tanggal 15 Januari 2017 memberikan Materi Wawasan Kebangsaan pada Latihan Gabungan Calon Anggota Resimen Mahasiswa Mahakarta Yudha Tahun 2017. Acara yang diikuti oleh 360 Calon anggota Resimen Mahasiswa tersebut diselengarakan di Gedung Kopertis DIY, Jalan Tentara Pelajar, Kota Yogyakarta.

Komandan Kodim 0734/ogyakarta Letkol Inf. H.M Gurning, S.I.P pada seminar tersebut menyampaikan bahwa, Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah komponen cadangan karena Menwa telah dilatih sedemikian rupa dan dipersiapkan dengan baik karena pernah dilatih oleh prajurit-prajurit TNI, sehingga memiliki disiplin yang baik, mempunyai responsibiliti yang baik dan loyalitasnya kepada negara tidak diragukan lagi. “Jika suatu saat negara menghadapi ancaman invasi negara luar, maka Menwa sebagai komponen cadangan harus siap membela bangsa dan negara”, ujar Dandim 0734/Yogyakarta.”

Lebih lanjut Letkol Inf. H.M Gurning S.I.P mengatakan bahwa komponen pendukung adalah seluruh sumber daya nasional yang terinventarisasi, jadi semua warga negara akan memberi kontribusi dalam sistem pertahanan negara.

Dalam ceramahnya, Letkol Inf. H.M Gurning, S.I.P menjelaskan, sebagai pemuda dan sebagai kader penerus bangsa harus memiliki ketangguhan, keuletan dan kearifan dalam menangkal masuknya pengaruh negatif budaya asing, 71 tahun Indonesia merdeka namun masih ada beberapa oknum kaum muda yang dengan sengaja mengotori budaya bangsa dengan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan kearifan bangsa, tidak terpuji dan bahkan cenderung merusak moral kaum muda. Kalian adalah para duta sekolah terpilih, kalian harus bangga, kalian memiliki disiplin tinggi jangan mudah terpengaruh oleh arus-arus negatif yang akan merugikan diri, keluarga dan masa depan, berlaku dan bersikaplah cerdas dalam menyikapi setiap persoalan hidup, berbuatlah terbaik bagi diri, keluarga dan lingkungan, lakukan yang terbaik bagi diri, keluargadan bangsa Indonesia, tatap masa depan dengan semangat belajar dan berlatih raih kunci sukses agar tercapai yang kalian cita-citakan, kalian selaku pemegang tongkat estafet generasi penerus bentengi diri kalian dengan iman dan taqwa jauhkan dari perbuatan yang melanggar undang-undang, tetap semangat.

Dalam akhir pengisian wawasan Kebangsaan Dandim 0734/Yogyakarta mengatakan kegiatan Bela Negara ini dapat mewujudkan rasa persatuan, meningkatkan Wawasan Kebangsaan, meningkatkan kepemimpinan dan kemampuan Menwa yang meliputi beberapa ancaman paling potensial yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini berkait dengan ancaman disintegrasi moral dan disintegrasi sosial.

Dengan kondisi tersebut, maka diharapkan adik-adik Menwa dapat berkiprah secara positif dan kreatif dengan prinsipprinsip kepribadian yang semakin mantap, sehingga adik-adik sebagai generasi muda tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi hal-hal yang melanggar hukum.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer