BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim 0734/Yogyakarta Sosialisasikan Antisipasi Ancaman Masa Depan Bagi Generasi Muda
Dandim 0734/Yogyakarta Sosialisasikan Antisipasi Ancaman Masa Depan Bagi Generasi Muda

Dandim 0734/Yogyakarta Sosialisasikan Antisipasi Ancaman Masa Depan Bagi Generasi Muda

Kodim 0734/Yogyakarta – Kodim 0734/Yogyakarta memberikan pembekalan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara “Bagi Generasi Muda se-Kecamatan Pakualaman”, Kota Yogyakarta.  dalam rangka antisipasi ancaman masa depan bagi Generasi Muda, acara yang bertempat di Pendopo Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (26/09) sore.

Pada pemberiaan materi tersebut Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, kondisi Wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai Generasi Penerus Bangsa dan Negara yang tercinta ini, Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini semakin banyaknya ancaman multi dimensi yang tidak kelihatan serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah di wilayah NKRI.

Oleh karena itu kepada Generasi Muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan/Bela Negara sejak dini ini. Hal ini penting mengingat Generasi Muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Dalam materi, Letkol Rudi Firmansyah menjelaskan 4 Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta 3 Unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan.

Sementara, selaku narasumber diacara itu Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah menyampaikan materi temu cepat dan lapor cepat. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penyelesaian setiap permasalan sedini mungkin.

Selain itu juga, disampaikan oleh Dandim 0734/Yogyakarta tentang pengetahuan jati diri bangsa, hal ini sebagai dasar pengetahuan dan rasa kebanggaan terhadap keanekaragaman yang di miliki oleh bangsa Indonesia.

“Pemuda yang produktif, memiliki pengaruh sangat besar terhadap bangsa. Sehingga, bangsa ini akan menjadi bangsa yang lebih maju dan disegani. Untuk itu masing-masing bisa mejaganya, agar generasi muda tidak terpengaruh hal-hal yang negatif yang dapat menghancurkan keanekaragaman NKRI,” ucap Dandim 0734/Yogyakarta menegaskan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer