BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim Jogja Adakan Kerjasama Dengan Walikota Untuk Peningkatan Produksi Pangan
Dandim Jogja Adakan Kerjasama Dengan Walikota Untuk Peningkatan Produksi Pangan

Dandim Jogja Adakan Kerjasama Dengan Walikota Untuk Peningkatan Produksi Pangan

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0734 Yogyakarta menjalin kerjasama di bidang peningkatan produksi tanaman pangan untuk wilayah Kota Yogyakarta. Naskah perjanjian kerjasama tersebut ditandangani oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta Letkol Inf Renal Aprindo Sinaga di Makodim setempat, Jumat (6/3).

Perjanjian tersebut ditujukan guna mendayagunakan kemampuan, serta sumberdaya yang dimiliki oleh Pemkot Yogyakarta dan Kodim 0734 dalam meningkatkan produksi tanaman pangan sesuai potensi yang dimiliki oleh Pemkot Yogyakarta.

Selain itu, perjanjian itu juga sebagai upaya peningkatan produksi tanaman pangan berupa benih padi bersertifikat label ungu dan distribusi beras baru di tingkat gapoktan di 45 kelurahan dalam rangka mendukung program DIY sebagai lumbung pangan dan swa sembada pangan nasional. Dandim Kota dalam sambutanya mengungkapkan bahwa perjanjian tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kasad TNI dengan Menteri Pertanian sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan di wilayah termasuk ketahanan pangan.

“Petani di kota dengan lahan yang sempit namun memiliki motivasi yang kuat, harus kita dukung sehingga bisa terus bertani, mudah-mudahan bisa memberi andil terciptanya swasembada pangan di DIY, perjanjian ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian-perjanjian lainnya sehingga kita bisa memberikan kontribusi bagi DIY” Kata Letkol Inf R Sinaga.

Sementara itu, Haryadi Suyuti mengatakan, penandatanganan perjanjian dilakukan dalam bulan Maret, yang merupakan bulan penting dan bersejarah untuk Yogyakarta, karena terdapat satu momen penting yang bersejarah, Serangan Umum 1 Maret sebagai bentuk manunggalnya TNI dengan Rakyat mempertahankan kedaulatan RI, perjanjian tersebut juga salah satu bukti kemanunggalnya TNI dengan Pemkot Kota Yogyakarta dalam upaya menciptakan kedaulatan pangan menuju swasembada pangan.“Kita bisa kerjasama, dengan diformalkan seperti ini kita terikat untuk mensukseskan upaya swasembada pangan” ujarnya.

Haryadi juga menambahkan, Kota Yogyakarta memang bukan lumbung pangan dan hanya mempunyai lahan sempit untuk pertanian namun hal tersebut menjadi tantangan dalam meningkatkan kualitas hasil produksi atau bibit tananam sehingga tercipta keswasembadaan pangan Dia juga berharap sawah produktif di kota Yogyakarta tidak beralih menjadi lahan pemukiman dan Pemkot Yogyakarta berkomitmen akan menjaga, seperti halnya bangunan heritage.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan tanaman hidroponik milik Kodim 0734 Yogyakarta dan kolam ikan di Makodim 0734 Yogyakarta.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer