BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim Magelang Sosialisasikan Situasi Global dan Hakekat Ancaman Negara
Dandim Magelang Sosialisasikan Situasi Global dan Hakekat Ancaman Negara

Dandim Magelang Sosialisasikan Situasi Global dan Hakekat Ancaman Negara

Magelang – Komabdan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasari,S.Sos memberikan Sosialisasi Era Globalisasi dan Perspektif Ancaman Negara yang diikuti oleh aparat pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, guru dan para siswa siswi SMK Kesdam IV/Dip. Sabtu (12/11).

Gelaran ceramah sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang itu pada dasarnya memberikan gambaran nyata kondisi nasional dan internasional saat ini serta hakekat ancaman negara.

Selain itu, sosialisasi yang merupakan instruksi pimpinan TNI pasca 4 Nopember merupakan ajakan kepada kita semua agar kita selalu menjaga kerukunan, toleransi dan menjaga keutuhan NKRI.

Dalam ceramah tersebut Letkol Hendra menjelaakan tentang perkembangan dunia saat ini yang berimbas pada dinamikan kehidupan di Indonesia.

Terjadi persaingan ekonomi diantara Negara negara di dunia. Indonesia yang memiliki kemampuan pertumbuhan ekonomi ke 8 di dunia telah mengakibatkan banyak negara yang mencoba untuk menguasai Indonesia dan menghancurkan ekonomi Indonesia dengan berbagai cara sehingga diharapkan Indonesia tergantung kepada negara asing

Perang yang terjadi di dunia pada saat ini adalah karena energi alam (minyak) yang menjadi rebutan negara negara yang tidak memiliki kekayaan SDA berupa minyak terhadap negara penghasil minyak sehingga saat ini terjadi Arab Spring yaitu di negara Irak, Suriah, Libya, Mesir, Kuwait, Kongo, Sudan, Nigeria, Yaman dan Ukraina, sehingga 70 % perang dunia saat ini terjadi dengan latar belakang energi.

Kesuburan Negara di wilayah equator (termasuk di dalamnya Indonesia) menjadi target negara asing untuk menguasai Indonesia berikut kekayaan alam dan energi hayati yang ada di dalamnya dengan tujuan akhir mencari pangan, air dan energi. Sehingga peta konflik (perang) akan bergeser dari Perang di wilayah Arab ke arah Negara equator

Ancaman secara nyata yang ada di Indonesia adalah terjadinya sengketa di laut Cina Selatan yang melibatkan Tiongkok dengan Vietnam dan Filipina secara tidak langsung dikhawatirkan akan menimbulkan dampak terhadap kedaulatan Negara Indonesia.

Keberadaan negara persemakmuran Inggris raya (Malaysia, Filipina, Singapura), Selandia Baru, Australia danVietnam menjadikan Indonesia berada di tengah kekuatan yang dikhawatirkan dapat mengancam keadulatan Indonesia

Selain yang hal hal diatas, Dandim juga menjelaskan hakekat ancaman yang ditimbulkan dari terorisme dan narkoba.
” Cara mengatasi permasalahan tersebut diatas adalah dengan selalu berpegang teguh kepada Pancasila yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari” pungkas Dandim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer