BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DANDIM MEMBERIKAN CERAMAH WAWASAN KEBANGSAAN
DANDIM MEMBERIKAN CERAMAH WAWASAN KEBANGSAAN

DANDIM MEMBERIKAN CERAMAH WAWASAN KEBANGSAAN

Bertempat di Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas Jl. Raya Baturraden KM 13, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P memberikan ceramah wawasan kebangsaan pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Selasa (23/08/2016)
Dengan diawali lagu Kebangsaan Indonesia Raya diikuti seluruh peserta kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Sebelum ceramah dimulai, Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas Bambang Widoyoko, S.H menyampaikan bahwa wasbang yg di mana investasikan sbg cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungannya sbg satu kesatuan yg bulat dan utuh menjadi sebuah kebutuhan kita bersama guna tetap terjaganya eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Sebagaimana kita ketahui bahwa sejarah perjalanan bangsa sejak proklamasi hingga saat ini terus mengalami perkembangan dan dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Hal yang memprihatinkan dalam kehidupan bermasyarakat pada era globalisasi dan tranparansi adalah semakin menurun nya rasa nasionalisme dan sengat kebangsaan pada sebagian masyarakat indonesia ditandai dengan munculnya radikalisme, terorisme, konflik antar suku, agama dan ras(SARA) dan berbagai permasalahan kebangsaan lainya.
Menyikapi kondisi tersebut menjadi kewajiban bagi kita bersama melakukan berbagai langkah dan upaya bagaimana membangun kembali semangat kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta pentingnya menanamkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, bangsa dan negara kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda sebagai pewaris pembangunan Indonesia ke depan, dimana salah satunya melalui pentingnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan.
Wawasan kebangsaan juga sangat diperlukan sebagai upaya pembinaan karakter dan jati diri bangsa guna meningkatkan kualitas kebangsaan sehingga bangsa indonesia mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi termasuk yang paling berat yaitu ancaman disintegrasi bangsa.
Saya berharap setelah selesai melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Kabupaten Banyumas Tahun 2016, dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk mendiskusikan berbagai permasalahan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna menggali kembali semangat kebangsaan melalui penyampaian materi dari para nara sumber yg cukup kompeten dibidangnya.
Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, SIP, dalam ceramahnya menyampaikan pergeseran moral dan nilai yang signifikan dalam realita kehidupan, baik secara pribadi, masyarakat maupun kehidupan berbangsa. Ini terjadi oleh beberapa faktor diantaranya nilai budaya bangsa yang mulai pudar, nilai nilai kehidupan telah bergeser dari tatanan. Diperlukan upaya membangun karakter bangsa oleh semua komponen masyarakat.
Karakter bagi diri seseorang manusia dapat dilukiskan adalah sebuah kemudi bagi sebuah kapal, dimana “tanpa kemudi maka sebuah kapal tidak tahu arah yang akan dituju”.
Untuk mengatasi karakter yang sudah ada selama ini , karakter bangsa yang mengarah ke masa depan dapat mendorong bangsa untuk berjuang keras menjadi sosok yang mampu menyempurnakan diri terus menerus sehingga masa depan menjadi milik setiap anak bangsa indonesia.
Untuk mengembalikan karakter bangsa indonesia, maka bangsa indonesia harus kembali ke jati dirinya sebagai negara pancasila.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer