BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim Sragen Pimpin Apel Penghijauan Pola Padat Karya Tahun 2016
Dandim Sragen Pimpin Apel Penghijauan Pola Padat Karya Tahun 2016

Dandim Sragen Pimpin Apel Penghijauan Pola Padat Karya Tahun 2016

Pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2016 bertempat di tanah kosong Dk. Bero, Ds. Bedoro Kec.Sambungmacan dilaksanakan apel dalam rangka penghijauan pola padat karya tahun 2016 Kodim 0725/Sragen yang di ikuti Personel Kodim 0725/Sragen sebanyak 450 orang, Perangkat Desa Sambungmacan 100 orang serta masyarakat 200 orang, dengan Irup Komandan Kodim 0725/Sragen Letkol Inf. Denny Marantika, yang dihadiri Kasdim 0725/Sragen Mayor Arm. Sutrisno, Kapolsek AKP. Hariyanto mewakili Kapolres Sragen, Bp. Camat Sambungmacan Bambang B.s, S.sos, Muspika Kec. Sambungmacan serta Perangkat Desa se Kec. Sambungmacan.

Dalam amanatnya Dandim 0725/Sragen mengatakan Puji sukur alhamdulilah mari kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkenan-Nya pada saat ini kita dapat berkumpul di di tempat ini dalam rangka apel penghijauan pola padat karya tahun 2016 di wilayah Kab. Sragen dalam kondisi yang sehat wal afiat. Saat ini upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan serta ledakan penduduk.

Disaat yang bersamaan wilayah soloraya melaksanakan penghijauan secara serentak, penanaman ini meliputi 2 type, Type 1 adalah penghijauan sepanjang jalur jalan sedangkan Type 2 adalah meliputi bantaran sungai, wilayah daerah kritis, bumi perkemahan termasuk hutan. Pada Type 1 ( Jalur Jalan ) Kodim 0725/Sragen menanam 3.170 batang pohon trembesi dan pada penghijauan Type 2 menanam 2.550 batang pohon campuran dengan total 5.720 batang pohon.

Hasil survey Type 1 yang perlu ditanami, Jalan Raya Solo – Surabaya ( Wilayah Sambungmacan ), Jalan Tangen – Purwodadi ( Wil. Tangen ), Jalan Solo – Purwodadi ( meliputi wilayah Gemolong, Miri dan Sumberlawang ) , Jalan Gondang Bumiaji ( wilayah Gondang ), Jalan Dawungan ( Wil. Masaran ), Jalan Pucung – Guwosari ( Wil. Karangmalang ) sedangkan pada Type 2 penanaman dibantaran sungai Sedyorejo Kedungupit, Sine – Tangkil ( Wilayah Kota Sragen ), Bantaran Sungai Desa Guworejo ( Wil. Karangmalang ), Bantaran Sungai Desa Pilang ( Wil. Masaran ), Bantaran Sungai Sawur ( Wil. Gondang ), Lahan Kritis lereng Gunung Tunggangan ( Wil. Sambirejo ). Wilayah Tanon meliputi Bantaran Sungai Desa Kecik, Bantaran Sungai Desa Gawan serta Bumi Perkemahan Desa Bonagung.

Sebelum mengakhiri amanatnya Dandim berpesan pelihara rasa kebersamaan diantara kita sehingga terciptanya hubungan emosional yang harmonis dan pelihara terus kesadaran gotong – royong. Mari kita pelihara pohon yang akan kita tanam ini agar selalu hidup, Mari kita menanam pohon sebanyak banyaknya jangan pernah kita berharap tumbuhan pohon, kalau menanam pohon pun kita tidak pernah. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Komandan Kodim 0725/Sragen.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer