BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim Tegal Canangkan Penanaman Pohon Laut Dalam Rangka Peringatan Ke-70 Hari TNI Tahun 2015
Dandim Tegal Canangkan Penanaman Pohon Laut Dalam Rangka Peringatan Ke-70 Hari TNI Tahun 2015

Dandim Tegal Canangkan Penanaman Pohon Laut Dalam Rangka Peringatan Ke-70 Hari TNI Tahun 2015

Sebagai upaya untuk merehabilitasi lahan kritis yang tersebar disejumlah wilayah kota Tegal,  dicanangkan menanam pohon laut dalam rangka peringatan ke-70 HUT TNI tahun 2015 diwilayah Kodim 0712/Tegal. Pencanangan dilakukan oleh Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso, S.Sos yang juga dihadiri Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbiantoro, Kepala KLH kota Tegal dan masyarakat sadar lingkungan bertempat di bumi perkemahan kota Tegal Jl.Almahera Kec.Tegal Timur (25/09).

Sementara itu Dandim 0712/Tegal dalam sambutan apel upacara penanaman pohon mengatakan, dalam rangka peringatan ke-70 HUT TNI sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan, serta untuk mengantisipasi dan meminimalisasi dampak negatif pemanasan global, merupakan suatu kegiatan yang terkordinasi dengan mendayagunakan setiap kemampuan pemerintah dan masyarakat dalam merehabilitasi hutan laut yang berada pada kota Tegal.

Kegiatan tersebut merupakan gerakan moral untuk mewujudkan agar setiap masyarakat kota Tegal menjadi tahu, mau, mampu, dan sadar untuk dapat menanam pohon laut. Dalam hal ini dalam rangka HUT TNI kodim 0712/Tegal menanam pohon laut jenis cemara laut sekitar 200 batang dan pohon bakau sebanyak 200 batang.

Tanaman pantai ini dapat dilaksanakan melalui pembangunan jalur hijau yang dapat berfungsi sebagai perlindungan dari ancaman gelombang pasang maupun untuk memenuhi kebutuhan kayu bagi masyarakat penanaman pohon di wilayah pantai khususnya di daerah yang menjadi obyek wisata perlu didasarkan pada jenis tanaman yang sesuai dan dapat tumbuh di daerah pantai serta memiliki kemampuan antara lain tahan terhadap angin agar dapat menstabilkan bukit pasir di pantai, tahan terhadap kondisi tanah dan pasir yang marginal dan saline, dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik daerah sekitar dan tempat peristirahatan di tepi laut dan dapat ditanam dengan jenis tanaman lainnya sebagai tanaman campuran.

Sedangkan tumbuhan Bakau merupakan tumbuhan yang hidup di antara daratan dan juga lautan, sehingga sangat dipengaruhi oleh pasang surut, tentu saja dapat dengan mudah kita jumpai di pertemuan antara muara sungai dan air laut.Tumbuhan bakau dapat bermanfaat untuk menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai, menjernihkan air, mengawali rantai makanan, melindungi dan memberi nutrisi, tempat menambat kapal dan bahan pembuat obat-obatan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer