BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DANDIM TEGAL HADIRI PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-54
DANDIM TEGAL HADIRI PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-54

DANDIM TEGAL HADIRI PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-54

Upacara Peringatan HUT ke-54 Tahun 2015 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Tegal mengusung tema “Pramuka Garda Kedepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”. Bertindak sebagai Dan Up siswa Gunung Satriawan (MAN Babakan Lebaksiu), Perwira Upacara Bpk Muhbara (Ubaloka), Irup Ibu wakil Bupati Tegal, Danki Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih siswa Teguh Santoso (SMA 3 Slawi), pengucap Pancasila siswa Wildan Ardika (SMK 1 Adiwerna), pengucap UUD 1945 siswa Rusun Margono (SMP N 1 Dukuhwaru), pengucap Dasa Dharma siswi Sihinta Kumala sari ( SMP N 1 Dukuhwaru), pengucap Dwi Darma  siswi Yosinta Rifki ( SD N Slawi Kulon 3).
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos, Wakil Bupati Tegal Ibu Umi Azizah, Kepala Kwarcab Kabupaten Tegal Bapak Widodo Joko Mulyono, Ketua DPRD kabupaten Tegal Firdaus Asyaerozi SE, SKPD Kabupaten Tegal, Camat se Kabupaten Tegal, Tim Drum Band dari Satpol PP Kabupaten Tegal, 880 peserta upacara, serta sekitar 1050 orang yang menghadiri acara tersebut.
Kemudian untuk susunan upacara dimulai dari kiri, 1 unit Drum Band, 1 kompi Pramuka Penengak Putra dan Putri, 1 kompi Pramuka Penggalang Putra dan Putri, 1 kompi Pramuka Satuan Karya Putra dan Putri, 1 kelompok paduan suara. Sebelum upacara dimulai, terlebih dahulu ditampilkan Senam Semapur oleh siswa SMP 1 Dukuhwaru.
Sambutan dari Ketua Kwartir nasional Gerakan Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-54 tahun 2015 yang dibacakan oleh Irup yang isinya antara lain ucapan selamat Hari Pramuka ke-54 bagi segenap jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka seluruh Indonesia dan perwakilan luar negeri, semoga peringatan hari Pramuka ini dapat memotivasi dan mempercepat kemandirian  gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa.
Kaum muda saat ini dihadapkan pada dua masalah yaitu masalah sosial yang mencakup maraknya penggunaan NAPZA dan obat terlarang, dan pergaulan bebas yang berkaitan dengan hubungan pra nikah. Yang kedua adalah masalah kebangsaan dalam bingkai NKRI mencakup rendahnya solidaritas sosial serta semangat kebangsaan.
Untuk tantangan yang paling besar adalah masalah ekonomi, sosial budaya dan politik yang mempengaruhi perubahan perilaku dan gaya hidup kaum muda. Disini pentingnya gerakan non formal yang bertujuan untuk membentuk kaum muda berkarakter, menamamkan semangat kebangsaan dan membekali ketrampilan untuk menjadi bekal hidup.
Pendidikan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan bangsa dan bernegara dan negara kita dalam dua puluh, tiga puluh atau lima puluh tahun yang akan datang terletak di tangan kaum muda, yang akan menjadi pelaku sejarah yang menentukan kemajuan bangsa kita. Dengan tema Hari Pramuka ke-54 tahun 2015 “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda” menyatakan bahwa komitmen dan tekad gerakan pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter kaum muda yang dapat melakukan perubahan bangsa kearah yang lebih baik.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer