BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dandim Wonosobo Hadiri Pelepasan Calon Jama’ah Haji
Dandim Wonosobo Hadiri Pelepasan Calon Jama’ah Haji

Dandim Wonosobo Hadiri Pelepasan Calon Jama’ah Haji

Ibadah Haji merupakan kewajiban manusia terhadap Allah SWT, yaitu bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Ibadah Haji adalah bentuk ibadah yang memiliki aspek aspek keimanan ritual dan fisik yang ditunjang oleh aspek ekonomi. Karena untuk berangkat haji seorang muslim di tuntut berkorban harta, waktu dan tenaga. Manasik dan pelepasan calon jama’ah haji Wonosobo di selenggarakan di Gedung IPHI(Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Mendolo,Wonosobo, Selasa(2/8). Bupati Wonosobo di dampingi Ketua DPRD (Afif Nurhidayat,S.Ag), Komandan Kodim 0707/Wonosobo(Letkol Czi Dwi Hariyono), Kapolres yang di wakili Kabag Sumda (Kompol Sukar S.H), Ketua MUI (K.H Habibulloh Idris), Ka Kanwil Kemenag Propinsi, Sekda ( Eko Sutrisno ), Panitia P3H, Pimpinan Ormas Islam,dan para calon Jama’ah haji.

Bupati mengingatkan agar seluruh calon jamaah Haji mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Tanah Suci. Dan mendoakan agar Wonosobo tercinta mendapat perlindungan dari Alloh SWT, agar terbebas dari bencana dan masalah yang terpenting mendoakan diri sendiri dan keluarganya. Kesempatan untuk menunaikan ibadah haji sangatlah terbatas, tidak sebanding dengan warga yang ingin menunaikan ibadah haji karena terbatasnya quota. Untuk menunaikan ibadah haji ada 3 syarat yang di perlukan yaitu Niat dan kemauan, Kemampuan baik jasmani dan rohani serta materi,dan Kesempatan. Bagi yang sudah mendaftar namun masih dalam daftar tunggu supaya lebih bersabar dan persiapkan diri secara matang menghadapi ibadah haji tahun mendatang. Agar saatnya tiba nanti secara fisik sudah benar-benar siap dan mampu melaksanakan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah ibadah haji dengan baik. Mengiringi keberangkatan Bapak, Ibu, Saudara umat muslim secara pribadi dan Kabupaten Wonosobo mengucapkan “ Selamat Jalan “. Semoga dalam perjalanan dari pemberangkatan, pelaksanaan dan sesampainya kepulangan ke Tanah Air selalu di beri kelancaran dan mendapatkan haji yang Mabrur dan Mabruroh, tegas Eko.

Bimbingan manasik Haji digelar dalam rangka mempersiapkan calon jamaah Haji agar mampu melaksanakan segala kegiatan ibadah haji secara mandiri dan sempurna. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh calon jamaah haji segala aspek yang berhubungan dalam pelaksanaan ibadah haji, meliputi aspek mental, fisik, manasik haji, baik teori maupun praktek. Selanjutnya Jamaah Haji Kabupaten Wonosobo terbagi dalam kloter 3, yaitu 34,59,60 yang diberangkatkan tanggal 20 Agustus 2016 ke Solo jam 17.00 Wib dari Wonosobo, sedang berangkat ke Arab Saudi tanggal 21 Agustus pukul 23.05 Wib. Jama’ah haji Wonosobo laki-laki jumlah 389 sedang untuk perempuan 284 orang sehingga total calon jamaa’ah haji Wonosobo berjumlah 673 orang. Jama’ah terbanyak berumur antara 51-60 sejumlah 245 orang, sedang jamaa’ah termuda antara umur 18-30 sebanyak 23 orang.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer