BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 04/Danurejan Kodim 0734/Yogyakarta, “JASA VETERAN HARUS DIHARGAI DAN DIPERHATIKAN”
Danramil 04/Danurejan Kodim 0734/Yogyakarta, “JASA VETERAN HARUS DIHARGAI DAN DIPERHATIKAN”

Danramil 04/Danurejan Kodim 0734/Yogyakarta, “JASA VETERAN HARUS DIHARGAI DAN DIPERHATIKAN”

Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat itu sering sekali kita dengar diucapkan orang atau kita baca di Koran dan majalah, lebih-lebih menjelang peringatan hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari Pahlawan untuk mengenang pertempuran heroik arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah: “Sudahkah bangsa ini menghargai jasa para pahlawannya?”

Seorang pahlawan adalah seseorang yang rela mengorbankan apa yang ia miliki untuk kebaikan atau keselamatan orang lain tanpa mengharap imbalan. Kalau kita mengacu pada definisi tersebut siapa saja bisa menjadi pahlawan tak terbatas oleh ruang dan waktu. Pahlawan selalu muncul kapan saja dan dimana saja dalam sejarah peradaban manusia. Keberadaan pahlawan itulah yang bisa menjamin kesejahteraan hidup umat manusia.

Dalam kegiatan Renovasi rumah Veteran an. Bapak Zamdi di Kelurahan Tegal Panggung Kecamatan Danurejan yang dimulai tanggal 28 Juli 2016, Danramil 04/Danurejan Kodim 0734/Yogyakarta mempunyai statemen dalam bagaimana cara kita menghargai jasa para pahlawan?

Mencintai negeri ini (patriotik) merupakan bentuk dari penghargaan kita kepada para pahlawan. Mencintai negeri ini berarti menjaga negeri ini dari kerusakan baik secara fisik maupun mental. Kerusakan alam yang diakibatkan oleh eksploitasi yang berlebihan dan pencemaran adalah contoh dari kerusakan fisik dari negeri ini.
Sedangkan kerusakan mental misalnya penyakit kolusi, korupsi, dan nepotisme yang akhir-akhir ini menggetarkan negeri ini. Semua itu harus kita cegah dan hentikan demi menghargai jasa para pahlawan pendiri negeri ini. Atau kalau tidak, kita akan menjadi bangsa yang kecil tak beradab dan kalimat “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” hanya akan menjadi sebuah retorika yang tak bermakna.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer