BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 05 Mijen Cek Perbaikan Tanggul Sungai Wulan
Danramil 05 Mijen Cek Perbaikan Tanggul Sungai Wulan

Danramil 05 Mijen Cek Perbaikan Tanggul Sungai Wulan

DEMAK- Tanggul Sungai Wulan di wilayah desa Jleper kecamatan Mijen Kabupaten Demak sedang diperbaiki serta perkuatan karena mengalami longsor pada waktu musim penghujan kemarin hingga sepanjang 200 meter. Kejadian tersebut mengancam  ratusan hektar persawahan serta beberapa rumah warga yang tidak jauh dari tanggul. Pengecekan perbaikan tanggul sungai Wulan ini dilakukan oleh unsur Muspika kecamatan Mijen bersama Danramil 05/Mijen Kapten Arh Kartiyo beserta Babinsa desa Jleper, Senin(10/8).

Danramil dan Muspika Kec. Mijen mendesak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) segera turun tangan, mengatasi kerusakan tanggul parah di sepanjang Kali Wulan yang melintasi wilayah kudus dan Demak, karena sekarang pada musim kemarau saat yang tepat untuk memperbaiki tanggul yang longsor.

‘’Banyak titik tanggul di sepanjang Sungai Wulan yang dalam kondisi sangat kritis. Ini akan segera saya laporkan kepada BPBD agar bisa segera diambil langkah-langkah darurat bersama PU Demak,’’ kata Kartiyo.

Dia berharap, pada 2015 ini bisa dilakukan normalisasi dan perbaikan tanggul secara permanen di lokasi-lokasi yang kritis. ‘’Normalisasi dan tanggul permanen mendesak dibangun untuk menyelamatkan tanggul Kali Wulan karena kerusakan sudah sangat parah. Kerusakan tanggul tak hanya menyebabkan banjir, juga membahayakan pemukiman warga,’’ kata Kartiyo.

Dia prihatin melihat kerusakan tanggul di sepanjang Kali Wulan dan anak sungainya. Hampir setiap terjadi hujan, selalu ada bagian tanggul yang ambrol atau longsor tergerus arus sungai. Rusaknya tanggul membuat luapan sungai menggenangi persawahan dan pemukiman.

Danramil 05 Mijen dan Muspika juga mengunjungi daerah-daerah yang paling parah terdampak banjir dan tanah longsor, yakni Desa Jleper, Desa Pecuk, Kecamatan Mijen. Dia melihat tanah longsor sudah memakan jalan desa, selokan, dan pekarangan milik warga yang hanyut tergerus air Sungai Wulan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer