BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Danramil 07/Ngemplak Pimpin Prosesi Wiwitan Dalam Kegiatan Panen Raya

Danramil 07/Ngemplak Pimpin Prosesi Wiwitan Dalam Kegiatan Panen Raya

(Ngemplak) – Sebagian besar masyarakat Jawa mempunyai adat istiadat dan tradisi dalam pelaksanaan panen padi. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dsn. Krandon Desa Wedomartani Ngemplak yang tergabung dalam Poktan Dadi Mulyo pada hari Selasa, 14 Maret 2017 mereka melakukan Upacara Wiwitan.

Disampaikan oleh Bpk. Suharjo selaku sesepuh Dsn. Krandon bahwa Upacara Wiwitan ini merupakan warisan budaya para leluhur, yang mempunyai makna sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezeki berupa hasil panen yang melimpah. Dengan wiwitan ini diharapkan masyarakat Dsn. Krandon akan ditambah rezekinya, ditambah barokahnya dan dijauhkan dari bala bencana.

Bpk. Suharjo menyampaikan bahwa sebagai ucapan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dengan pihak TNI terutama pak Babinsa yang dengan sepenuh hati telah melaksanakan pendampingan Upsus. Dan sebagai penghormatan beliau meminta pak Danramil Kapten Inf Sujud, S.H, M.M untuk memimpin prosesi Upacara Wiwitan. Danramil 07/Ngemplak mengatakan ” Semoga dengan panen raya ini diharapkan masyarakat Dsn. Krandon akan lebih makmur dan akan lebih serius dalam kegiatan pertanian karena sesungguhnya menjadi petani adalah pekerjaan yang mulia ” pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer