BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DANRAMIL 09/KAWUNGANTEN PANEN UBINAN BERSAMA DISPERTANAK KAB.CILACAP

DANRAMIL 09/KAWUNGANTEN PANEN UBINAN BERSAMA DISPERTANAK KAB.CILACAP

Cilacap – Untuk menyukseskan program pemerintah tentang ketahanan pangan,Danramil 09/Kawunganten Kapten Inf.S.U.Suwarjono berserta Babinsa melaksanakan panen padi ubinan masa tanam 3 bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap di lahan sawah milik Sukarto Sawon dan Kalam Supriyanto anggota Kelompok Tani “Tani Jaya” Dusun Jaya Giri Rt 5/2 Desa Bojong Kecamatan Kawunganten,Rabu (02/11).

Ketua kelompok tani “Tani Jaya” San Suwito menginformasikan untuk tahun ini Alhamdulillah kita bisa mendukung program pemerintah untuk bisa tanam minimal 3 kali dalam satu tahun dan hari ini kita bisa bersama-sama untuk melaksanakan panen masa tanam 3,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa sepanjang tahun ini curah hujan cukup tinggi sehingga kita tidak kekurangan air untuk pertanian,karena perlu diketahui bahwa sawah kami sawah tadah hujan sehingga sangat tergantung dengan musim hujan.

Lebih lanjut San Suwito menyampaiakan keluhan kelompok tani yang sangat membutuhkan mesin penyedot air untuk sewaktu-waktu digunakan bila sedang kekurangan air buat mengairi pesawahan,pada tahun 2014 kelompok tani sudah pernah mengajukan bantuan ke Dinas pertanian Kabupaten tapi sampai dengan sekarang belum terealisasi,” kata San Suwito.

Pada waktu yang sama, Danramil 09/Kawunganten Kapten Inf.S.U.Suwarjono mengatakan, bahwa kegiatan panen ubinan ini adalah bentuk sinergitas antara Dispertanak dan TNI AD khususnya Koramil 09/Kawunganten sebagai unsur kewilayah yang mempunyai tanggung jawab besar terhadap pencapaian ketahanan pangan Nasional sebagai wujud transformasi Pembinaan Teritorial (Binter) dan sesuai dengan MOU antara Kementrian Pertanian RI dan TNI AD.

Diharapkan dengan terwujudnya ketahanan pangan yang kokoh,dapat memperkuat ketahanan nasional yang tangguh di Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” tandas Kapten Inf. S.U. Suwarjono.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap yang diwakili Kepala Bidang tanaman pangan dan Holtikultur (Erma ) beserta Kasubid tanaman pangan (Budhi Suryadi ) melakukan panen padi ubinan dan langsung turun kesawah bersama Danramil Kawunganten Kapten Inf.S.U.Suwarjono,Kasisosek Suroso,SIP mewakili Camat Kawunganten,Kepala UPT Dispertanak wilayah Jeruklegi Dahsih Ayu Maruti,Koordinator statistik Kecamatan Sunaryo,Koordinator BP Pertanian Kecamatan Supadi,SP beserta para PPL,Kades Bojong yang diwakili staf kasi pelayanan Mukhlas Adnan,Ketua P3A Desa Bojong Edi Kuswanto serta ketua dan anggota kelompok tani.

Dalam panen ubinan tersebut diperoleh hasil sebanyak 6,65 ton/Ha Gabah Kering Panen (GKP) dengan varietas padi IR 64.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer