BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DANRAMIL 10/WIROBRAJAN SEBAGAI IRUP PERINGATAN HUT KE 71 KEMERDEKAAN RI DI KECAMATAN WIROBRAJAN
DANRAMIL 10/WIROBRAJAN SEBAGAI IRUP PERINGATAN HUT KE 71 KEMERDEKAAN RI DI KECAMATAN WIROBRAJAN

DANRAMIL 10/WIROBRAJAN SEBAGAI IRUP PERINGATAN HUT KE 71 KEMERDEKAAN RI DI KECAMATAN WIROBRAJAN

Menjelang peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI seperti sekarang ini, ingatan masyarakat Indonesia biasanya akan lebih banyak diisi perebutan kemerdekaan, yang kemudian diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Walaupun telah berlangsung 71 tahun lalu, momentum peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan selalu memberi nuansa kebatinan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, yang seolah- olah membawa kembali ke masa- masa ketika para pemuda pejuang berkumpul di Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta. Mereka memproklamasikan kemerdekaan negara baru bernama Indonesia, dan mengibarkan bendera Merah Putih yang menjadi salah satu simbol atau tanda sebuah negara merdeka.

Pada kesempatan ini wilayah Kecamatan Wirobrajan melaksanakan peringatan HUT ke 71 Kemerdekaan RI DI halaman Mualimin sebagai Inspetur Upacara Danramil 10/Wirobrajan dan membacakan amanat dari Gubernur DIY, yang bertema “Kerja Nyata”.

Dalam pelaksanaan giat upacara diikuti oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, Siswa siswi dan diakhir upacara diadakan sosiodrama dari SMA MUH 7 dengan tema Detik detik Proklamasi. menceritakan bahwa perjuangan dalam pengibran merah putih.

Bendera pusaka Merah Putih yang dijahit tangan Ibu Fatmawati, dan dikibarkan secara patriotik oleh Latief Hendraningrat bersama Soehoed Sastro Koesoemo di kediaman Ir Soekarno adalah simbol utama yang menandai lahirnya sebuah negara yang merdeka setelah 350 tahun berada dalam cengkeraman kolonialisme. Semua yang hadir pada saat itu terlihat sangat emosional, campur aduk perasaan antara terharu dan bangga, karena telah berhasil mengibarkan simbol negara sehingga dunia mengetahui bahwa sebuah negara bernama Indonesia telah lahir.

Walaupun hanya terdiri atas dua warna, merah dan putih, dalam struktur yang sangat sederhana, tapi simbol negara kita sejatinya memiliki makna historis dan filosofis yang sangat kuat. Secara historis, bendera Merah Putih telah digunakan sejak era kejayaan Kerajaan Majapahit, dan secara filosofis warna merah memiliki makna keberanian mengalirkan darah dan mengorbankan jiwa raga. Sementara warna putih melambangkan kesucian hati dan ketulusan jiwa demi kemerdekaan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer