BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 11/Depok Bekali Linmas Kecamatan Depok
Danramil 11/Depok Bekali Linmas Kecamatan Depok

Danramil 11/Depok Bekali Linmas Kecamatan Depok

Linmas Kecamatan Depok bersama Koramil 11/Depok  mengadakan kegiatan pembinaan bagi anggota Perlindungan Masyarakat ( Linmas). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota Linmas Kecamatan Depok dari 3 Desa pada Kamis (12/11). Bertempat di Pendopo Kecamatan Depok.

Komandan Rayon Militer ( Koramil ) 11/Depok Mayor Inf Prajarso mengatakan, “ Salah satu tugas anggota Linmas adalah membantu menjaga keamanan masyarakat di lingkungannya masing – masing”, jelasnya. Sehingga Linmas berperan dalam deteksi dini terhadap gangguan, ancaman dan tantangan tehadap keamanan lingkungan di masyarakat. Selain itu dalam menjaga keamanan masyarakat saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sleman Pada 9 Desember 2015, peran Linmas sangat membantu.

Dalam pembinaan tersebut para anggota Linmas diberi dasar – dasar Pelatihan Baris Berbaris oleh pihak Koramil. Mereka diberi latihan dasar gerakan di tempat, aba – aba, cara siap sempurna, penghormatan, istirahat di tempat.Pada sesi kedua pembinaan, materi disampaikan oleh Kapolsek Bulaksumur  tentang keamanan, tindak pidana kejahatan, bagaimana seorang anggota Linmas menangani kaitannya dalam deteksi dini terhadap hal perkembangan situasi.

Kemudian di materi pembinaan Linmas berikutnya, peserta dibekali informasi mengenai ketugasan Linmas oleh Panitia Pemilihan Kecamatan. Diantaranya bahwa sesuai UU nomor 3 Tahun 2013 nantinya PPS menetapkan 2 orang KPPS di setiap TPS untuk pengamanan ketentraman, ketertiban, dan keamanan TPS. Kemudan menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara setelah perhitungan suara dan setelah kotak suara disegel ( Tugas Keamanan Linmas di tingkat Desa), melakukan pengamanan di Kecamatan sebelum dan sesudah rekapitulasi perhitungan suara oleh PPK.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer