BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 12/Bulu Kodim 0706 Temanggung Mendampingi Bupati Temanggung Meresmikan Kantor PKK dan Pencanangan Kampung KB
Danramil 12/Bulu Kodim 0706 Temanggung Mendampingi Bupati Temanggung Meresmikan Kantor PKK dan Pencanangan Kampung KB

Danramil 12/Bulu Kodim 0706 Temanggung Mendampingi Bupati Temanggung Meresmikan Kantor PKK dan Pencanangan Kampung KB

Desa Wonotirto Kec Bulu Kab Temanggung dijadikan Kampung KB (Keluarga Berencana). Pencanangan dilakukan oleh Bupati Temanggung Drs H.Bambang S Selasa (23/2). Pencanangan Kampung KB merupakan program penanggulangan penduduk untuk menuju masyarakat yang sejahtera.

Danramil 12/ Bulu Kapten Inf Suripto mengatakan banyak keberhasilan pembangunan yang sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun, pada saat yang sama, ada masalah yang haraus dihadapi bersama, diantaranya masalah ledakan penduduk. Kalau jumlah penduduk meningkat terus tanpa diiringi kualitas yang baik, dikhawatirkan akan menjadi musibah. “Bonus demografi kalau sukses mengatasinya akan menjadi berkah tapi kalau gagal akan menjadi musibah. Maka dari itu, tugas kita adalah membuat penduduk Indonesia berkah, membuat Indonesia makin maju.

Tantangan ke depan, menurut Gus Ipul, menjadikan jumlah penduduk yang besar ini berkualitas, karena 60% masyarakat lulusan SD. “Kita ingin melahirkan generasi yang spiritual happines (dekat dengan Tuhan, red), tapi juga memiliki intelektual happines (cerdas, red), pyisical happines (sehat, red), dan material happines (sejahtera, red). Oleh karena itu, kita harus mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan baik agar melahirkan generasi yang berkualitas, tentunya usaha-usaha ini bukan usaha tahunan tapi berkelanjutan. Disinilah diperlukan partisipasi para kader KB untuk tidak putus asa berbuat untuk generasi mendatang,” harapnya.

Karena itu, Danramil 12/Bulu Kapten Inf Suripto memerintahkan Babinsanya untuk mengajak masyarakat untuk memperkuat delapan fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, sosial (bermasyarakat), tidak melupakan kultur/budaya, perlindungan terhadap anggota keluarga, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan (keluarga adalah guru yang pertama dan utama bagi anak), ekonomi (keluarga harus bisa menghasilkan nafkah supaya bisa hidup normal), dan fungsi lingkungan (lingkungan harus dijaga baik lingkungan sosial maupun lingkungan poliatik maupun lingkungan alam). “Inilah delapan fungsi keluarga yang harus dijadikan suatu pegangan bagi para kader untuk mensosialisasikan dan memapankan di tengah masyarakat,” tuturnya..

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer