BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 12/Gondomanan Memberikan Sosialisasi Tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara
Danramil 12/Gondomanan Memberikan Sosialisasi Tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Danramil 12/Gondomanan Memberikan Sosialisasi Tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Danramil 12/Gondomanan Mayor Inf Emanuel Andriyanto mewakili Dandim 0734/Yka, selaku Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Belneg & Cinta Tanah Air kepada Bimas Budha se DIY, menekankan, bahwa di era globalisasi saat ini, kemajuan suatu negara sangat berpengaruh pada sikap mental yang tertanam dalam suatu negara itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menimbulkan rasa memiliki dan cinta tanah air diperlukan sikap mental yaitu Nasionalisme, bertempat di Hotel Galuh Prambanan Klaten, Rabu 25 Oktober 2017.

Kodim 0734/Yogyakarta, selaku Komando Kewilahan turut berpartisifasi dalam memajukan perkembangan dan pendidikan bagi Kader Bangsa terutama bagi bagi tenaga pendidik yang berada di wilayah Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini merupakan bentuk dari kepedulian Kodim 0734/Yogyakarta sebagai unsur pendukung komponen negara untuk memberikan pembinaan dan kesadaran akan bela negara. Kesadaran bela negara tersebut dituangkan dalam suatu pencerahan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai suatu landasan bagi kemajuan dan perkembangan bangsa yang majemuk. Selain itu, dalam kesempatan ini pula Danramil 12/Gondomanan, Mayor Inf Emanuel Andriyanto sebagai Narasumber memberikan materi tentang Bela Negara dan Kewaspadaan atas adanya Ancaman Negara/Bangsa.

Kualitas suatu Bangsa Indonesia sangat bergantung pada komitmen dalam menjaga keutuhan Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD 45 sebagai dasar Hukum Negara, NKRI adalah harga mati dan semboyan pemersatu bangsa yaitu Bhineka Tunggal Ika. Untuk dapat mewujudkan komitmen tersebut, diperlukan adanya karakter yang kuat dan berkualitas. Oleh karena itu antara Pancasila dan Nasinolisme harus dapat menyatu dalam diri kita karena Pancasila juga merupakan alat pemersatu kerukunan beragama sedangkan Nasionalme adalah pemersatu bangsa yang majemuk. Pelaksanaan acara dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer