BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil 14/Karanganom Hadir pada Kirab Adat Budaya Suro
Danramil 14/Karanganom Hadir pada Kirab Adat Budaya Suro

Danramil 14/Karanganom Hadir pada Kirab Adat Budaya Suro

Klaten – Komandan Koramil 14/Karanganom Kodim 0723/Klaten  Kapten Inf Suroto menghadiri acara Kirab Adat Budaya Suro dengan tema ” Nguri Uri Kabudayan Habangun Santosaning Warga adhedasar Pancasila ” yang digelar di Dukuh Pandanan Desa Soropaten Kecamatan Karanganom, Minggu (24/09/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Plt Bupati Klaten Hj.Sri Mulyani diwakili oleh Sekretaris dinas pariwisata Sutopo,M.Si, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Pariwisata DIY  Dra. Christaty Ariani, M.Hum,  Forkopimcam Karanganom, dan kepala sekolah Se Kecamatan Karanganom. serta tak kurang dari 1.500 warga yang ikut menyaksikan jalannya kirab.

Peserta kirab menempuh rute sepanjang 1,5 km dengan urutan barisan, 7 (tujuh) kerbau kiyai Slamet dari Keraton Surakarta, pembawa udik udik dari Keraton Surakarta,Prajurit Keraton Surakarta, Trah Krasajan / Ki Ageng Gribig Jatinom, kuda yang dinaiki olek Dra. Christaty Ariani,M.Hum, Paskibraka dari SMA N 1 Karanganom, Kereta kencana, Prajurit Pandanwangi, Pembawa wayang Pendowo serta Gunungan Hasil Bumi.

Tradisi Kirab Adat Budaya Suro tahun 1951 (Jawa) atau 2017 Masehi ini mengundang daya tarik tersendiri bagi warga untuk datang menyaksikan. ketua panitia gelaran kirab budaya, Sri Nugroho,S.I.P,M.M merasa bersyukur dengan semakin semaraknya agenda tahunan memasuki bulan Suro atau bulan pertama tanggal Islam atau hijriyah. dengan semangat kekompakan dan kebersamaan, niat panitia dan masyarakat Pandanan untuk nguri-uri budaya tetap terjaga dengan baik.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer