BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil Bumijawa Tinjau Pembangunan Saluran Irigasi Tersier di Desa Cijeruk
Danramil Bumijawa Tinjau Pembangunan Saluran Irigasi Tersier di Desa Cijeruk

Danramil Bumijawa Tinjau Pembangunan Saluran Irigasi Tersier di Desa Cijeruk

Swasembada pangan merupakan program yang didengungkan semenjak kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo, salah satu upaya dalam percepatan Swasembada pangan tersebut dilaksanakan melalui perbaikan irigasi dengan pengairan yang baik. Hal ini akan menunjang serta menggenjot produktivitas lahan sarana produksi bibit, tapi jika tidak ada air apa tetap jantungnya di air dengan bantuan berbagai pihak yakin Indonesia akan Swasembada pangan tiga komoditas yaitu padi jagung dan kedelai pada tahun 2017 bahkan Swasembada dapat tercapai lebih cepat pada tahun 2016. Salah satunya memperhatikan jaringan tersier yang mengalirkan air ke lahan persawahan.

Baru-baru ini Danramil 19/Bumijawa Kapten Kav Mukholim meninjau  pembangunan saluran irigasi tersier yang bertempat di Dukuh Kembang RT 01 RW 01 Desa Cijeruk Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Pembangunan jaringan irigasi tersier dimulai pembangunannya pada tanggal 13 September 2015 dan rencana pengerjaannya selama satu bulan diperkirakan selesai pada tanggal 13 Oktober 2015 dan bila saluran ini selesai bisa mengaliri sawah seluas 80 hektar. Ketua P3A Dharma Tirta Kembang Bapak Haji Sahrul mengatakan dengan dibangunnya saluran irigasi tersier ini akan meningkatkan hasil panen warga desa yang selama ini kekurangan air pada musim kemarau. Saluran irigasi ini dibangun dengan bantuan dari APBN provinsi sebesar 80 juta.

Harapannya dengan adanya peninjauan dari Danramil ke lokasi pembangunan jaringan irigasi tersier adalah memberikan motivasi kepada ketua P3A selaku pelaksana proyek jaringan irigasi biar bisa selesai tepat waktu dan pembangunannya sesuai dengan perencanaan dari PU Pengairan Kabupaten Tegal dan memberikan semangat mengingat lokasi salurannya sangat sulit pengerjaannya.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer