BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0733/BS Ikuti Pelatihan Kader Pertanian
Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0733/BS Ikuti Pelatihan Kader Pertanian

Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0733/BS Ikuti Pelatihan Kader Pertanian

Dandim 0733-BS/Semarang Letkol Inf M. Taufik Zega menyematkan pita kepada perwakilan peserta pelatihan kader pertanian sebagai tanda dimulai pelatihan kader pertanian yang diselenggarakan Kodim 0733-BS/Semarang (9/2). Pelatihan kader pertanian diikuti oleh para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0733-BS/Semarang.

Usai dibuka Dandim, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti cara pembuatan pupuk organik  dan cara pemilihan bibit unggul oleh Serda Sutomo anggota Babinsa Koramil 05 Banyumanik di Aula Makodim, dilanjutkan praktek di Wiratama depan Makodam IV/Diponegoro.

Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 09 sampai dengan 12 Pebruari 2015. Pada kesempatan ini Serda Sutomo memberikan pengetahuannya untuk di bagikan kepada Danramil dan Babinsa diantaranya cara mengolah tanah supaya tidak ketergantungan terhadap bahan kimia ataupun pupuk buatan pabrik.

Serda Sutumo  sudah mempraktekkan hasil pupuk buatannya di lahan pertaniannya. Selain itu juga sebagai narasumber di Dinas Pertanian kota Semarang untuk membantu kelompok tani di kota Semarang. Dirinya mempunyai macam pupuk organik bahan-bahannya baik dari limbah hewan ternak, limbah rumah tangga (sampah organik) dan daun-daun yang diproses dengan metode fermentasi.

Seiring kemajuan ilpeng dan teknologi para ahli telah meneliti adanya unsur micro organisme lokal (MOL) yang terdapat dan tumbuh berkembang di alam sekitar kita, untuk mencegah kerusakan tanah di kemudian hari. MOL ini terdiri dari bermacam – macam yaitu MOL (rebung bambu, bonggol pisang, urine kelinci, sayur, daun gamal, limbah buah – buahan, sisa nasi, keorang mas, buah maja, tape, bunga, dan batang pisang) semuanya itu melalui fermentasi. MOL tersebut sudah dicoba oleh dinas pertanian di ciamis, ITB dan Danrem 03/Wirabraja.

Di Wiratama, Serda Sutomo juga mempraktekkan cara menanam jagung dan kedelai yang terlebih dahului diseleksi bibit yang di tanam. Dengan mengunakan air dan garam yang seimbang untuk menentukan bibit yang baik pasti tenggelam dan yang jelek terapung.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer