BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DANRAMIL HADIRI FFD DI TAMBAKSOGRA
DANRAMIL HADIRI FFD DI TAMBAKSOGRA

DANRAMIL HADIRI FFD DI TAMBAKSOGRA

Hari temu lapang petani (Farmer Field Day/FFD) adalah pertemuan antara petani, dinas instansi terkait untuk saling tukar menukar informasi untuk menyebarluaskan tentang yang diterapkan melalui demonstrasi usahatani yang dihasilkan serta umpan baliknya.
FFD ini dilaksanakan di lahan BP3K Desa Tambaksogra Kec. Sumbang di lahan demplot Budi Daya Padi Sawah dengan Teknologi Jarwo 2:1 dan pemupukan berimbang serta uji coba mesin Combine harvester/mesin panen padi.(28/07/2016)
Dalam pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Bapeluh Kab. Banyumas yang di wakili Bp Imam, Kepala Dinpertanbunhut Kab.Banyumas yang diwakili oleh Bp Yusup, Danramil 05/Sumbang Kapten Inf Ruswanto, Kasi Trantib Bp Fadli S.IP mewakili Camat Sumbang, Dirut CV Jayanti distributor urea H. Basir, Manager Area PT Gresik Cipta Sejahtera, Kades Tambaksogra, Koordinator BP3K dan penyuluh pertanian serta para ketua Poktan se-kec Sumbang.
Dalam sambutan dan pengarahan Bp Yusup menjelaskan bahwa pemberdayaan petani lewat penyuluh swadaya melalui demplot padi secara SRI merupakan upaya fasilitasi pembelajaran bagi kelompoktani melalui penerapan teknologi padi yang sudah teruji agar mereka mampu menggunakan potensi yang dimilikinya dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi, sehingga diharapkan dapat mendukung terwujudnya target swasembada pangan dalam rangka UPSUS PAJALE khususnya di Kec. Sumbang. Kegiatan Demplot Padi SRI merupakan kegiatan pengawalan dan pendampingan penyuluh swadaya yang difasilitasi melalui Anggaran Dana Dekonsentrasi Dirjen PSP Kementerian Pertanian pada Satuan Kerja BPPKP Kabupaten Banyumas.
Dalam pelaksanaan demplot ini yang merupakan tupoksi dari Penyuluh merupakan perpaduan beberapa metode penyuluhan antara lain ; temu teknis tingkat desa, penyusunan rencana kerja, kursus tani, dan hari temu lapang (Farmer Field Day). Dari kegiatan tersebut diharapkan penyuluh swadaya dan petani di Desa Tambaksogra dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta perubahan sikap ke arah positif guna mengembangkan usahataninya yang berorientasi agribisnis berbasis komoditas padi. Untuk menjamin agar pelaksanaan Pemberdayaan Penyuluh Swadaya melalui Demplot Padi SRI dapat tercapai sesuai dengan tujuan, maka diperlukan adanya pengawalan dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer