BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil Hadiri Pelatihan Satgas Kaji Bencana/Gladi Lapang Penanggulangan Bencana
Danramil Hadiri Pelatihan Satgas Kaji Bencana/Gladi Lapang Penanggulangan Bencana

Danramil Hadiri Pelatihan Satgas Kaji Bencana/Gladi Lapang Penanggulangan Bencana

Kapten Inf. Kasidjan Danramil 17/Kebasen Utara menghadiri acara pembukaan pelatihan satuan tugas kaji bencana/gladi lapang penanggulangan bencana dibalai Tumiyang Kec. Kebasen Kab. Banyumas. Senin (23/11)

Acara dihadiri oleh Kabid Dinsosnakertrans Kab. Banyumas, Muspika Kec. Kebasen, Kades se-Kecamatan Kebasen, Ketua Tagana Kab. Banyumas, Ketua RAPI wil. 08 Kab. Banyumas, Ketua PMI Kab. Banyumas, Ketua Tresna Jakarta Resque Kab. Banyumas, Ketua Pramuka peduli Kwarcab Kab. Banyumas, Ketua ORARI Lokal Purwokerto, Ketua Serayu Rescue Kb. Banyumas dan tamu undangan.

Dalam sambutannya,  Kabid Dinsosnakertrans Kab. Banyumas menyampaikan bahwa berdasarkan Undang – Undang Nomor 24 tahun 2007, bencana memiliki pengertian peristiwa atau rangkaian peristiwa yg mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yg disebabkan, baik oleh faktor alam dan / atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Dari pengertian tersebut, Kabupaten Banyumas bisa dinilai sebagai daerah yang rentan terjadi bencana. seperti gerakan tanah/ longsor, banjir, kekeringan, adalah beberapa bencana yang memiliki kemungkinan terjadi di Kab. Banyumas. Menghadapi kondisi tersebut, perlu dilakukan upaya mitigasi, yaitu upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun  penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Acara Pembekalan Satgas Penanggulangan Bencana ini diselenggarakan karena Kami merasa perlu adanya sumber daya manusia yang terlatih, handal dan profesional, di samping itu, acara ini diharapkan dapat menjadi media diskusi maupun konsultasi bagi seluruh pihak terkait(stakeholders) yang terlibat dalam Penanganan bencana, sehingga sasaran kegiatan Pembekalan Satgas (Satuan Tugas) Penanggulangan Bencana dapat terlaksana.

Maksud dari kegiatan Pembekalan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana, ialah melatih, membina dan mengarahkan para Satgas (Satuan Tugas) Penanggulangan Bencana agar sigap dan tanggap dalam melaksanakan tugasnya sebagai aparatur yang terjun langsung saat bencana terjadi.

Tujuan dari kegiatan Pembekalan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana, ialah terbentuknya Satgas (Satuan Tugas) Penanggulangan Bencana Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman Provinsi Banten yang terlatih dan handal untuk menghadapi segala bencana dan juga melindungi masyarakat.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer