BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil Karanganyar Berikan Ceramah Wasbang bagi Bamag Kabupaten Karanganyar
Danramil Karanganyar Berikan Ceramah Wasbang bagi Bamag Kabupaten Karanganyar

Danramil Karanganyar Berikan Ceramah Wasbang bagi Bamag Kabupaten Karanganyar

Wawasan Kebangsaan adalah pandangan suatu bangsa terhadap tanah air serta lingkungannya menghasilkan wawasan nasional yang selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa dalam mencapai tujuannya. Hal itu disampaikan Danramil 01/Karanganyar Kapten Inf Sulardi saat menjadi narasumber dalam acara Ceramah Wawasan Kebangsaan bagi pengurus dan anggota Bamag di Gedung SLB Karanganyar belum lama ini.

Danramil 01/Karanganyar menyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara yang mempunyai wawasan nasional yang disebut wawasan kebangsaan atau wawasan Nusantara yang merupakan salah satu konsepsi politik dalam ketatanegaraan Republik Indonesia. Tujuan wawasan kebangsaan dibedakan menjadi tujuan ke dalam dan tujuan keluar.

Tujuan kedalam yaitu menjamin perwujudan persatuan dan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional yaitu politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sedangkan tujuan keluar yaitu terjaminnya kepentingan nasional dalam dunia yang serba berubah dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial serta mengembangkan suatu kerjasama dan saling menghormati.

Dengan  mengetahui pentingnya wawasan kebangsaan akan menjadi warga negara yang bertanggung jawab dalam arti mampu mempertahankan persatuan, kesatuan, keutuhan, dan jati diri bangsa Indonesia. Sehingga jati diri bangsa Indonesia tidak akan pudar walaupun era globalisasi telah berkembang dan budaya-budaya asing masuk dengan bebas kedalam kawasan Indonesia.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer