BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil Purwokerto Utara Hadiri Rakor Program Penanaman Satu Milyar Pohon di Kabupaten Banyumas Tahun 2015
Danramil Purwokerto Utara Hadiri Rakor Program Penanaman Satu Milyar Pohon di Kabupaten Banyumas Tahun 2015

Danramil Purwokerto Utara Hadiri Rakor Program Penanaman Satu Milyar Pohon di Kabupaten Banyumas Tahun 2015

Kapten Inf Untung NA Danramil 01/Purwokerto Utara menghadiri rapat koordinasi rencana kegiatan dan pendataan program penanaman satu milyar pohon di Kabupaten Banyumas Tahun 2015, bertempat di Ruang Rapat Dinpertanbunhut Kabupaten Banyumas (11/11). Agenda rapat dipimpin langsung Ka. Dinpertanbunhut Kab. Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie, MSi dengan agenda rapat membahas rencana kegiatan penanaman tahun 2015.

Ka. Dinpertanbunhut Kab. Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie, MSi mengatakan kegiatan penanaman Satu Milyar Pohon adalah bentuk respon dan kepedulian masyarakat untuk ikut serta mengurangi pemanasan global (Global Warning). Apabila tidak ada aksi pencegahan seperti yang dilakukan kali ini, suhu bumi dipastikan akan terus meningkat. Oleh karena itu Kabupaten Banyumas berkomitmen untuk mendukung gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon yang telah dicanangkan oleh pemerintah. “Penanaman satu milyar pohon ini sudah menjadi sebuah gerakan masyarakat yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,”ujar Bu Tjutjun.

Ka. Dinpertanbunhut Kab. Banyumas mengatakan bibit – bibit tanaman akan dibantukan kepada masyarakat untuk perbaikan kualitas lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu ia meminta kepada semua pihak untuk mendukung gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon tersebut. Para Camat, Lurah maupun Kepala Desa beserta jajarannya diminta untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon dengan sebaik – baiknya. Mereka juga di harapkan dapat terus memonitor keberhasilan dari kegiatan gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon yang dilakukannya. Selain itu para pimpinan wilayah tersebut juga diminta melaporkan pelaksanaannya kepada Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Banyumas untuk diteruskan ke tingkat pusat. Kepada seluruh BUMN atau BUMS yang ada di Kabupaten Banyumas, Ka. Dinpertanbunhut Kab. Banyumas juga meminta untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon.

Hal tersebut dapat dilakukan di lingkungan masing – masing maupun dapat memfasilitasi masyarakat sekitarnya. Diakhir sambutannya Ka. Dinpertanbunhut Kab. Banyumas Ir. Tjutjun Sunarti Rochidie, MSi berpesan untuk tetap memelihara dan menjaga tanaman yang ada. Tananam yang telah ditanam dimintanya untuk terus dipantau dari gangguan hama tanaman, ternak maupun perusak lingkungan. Agar usaha yang telah dilakukan bersama dalam memulihkan kerusakan lingkungan dapat berhasil.

Ia menyampaikan dilakukan kegiatan kali ini adalah upaya untuk menambah tutupan lahan dalam mencegah terjadinya banjir, longsor maupun kekeringan. Selain itu kegiatan Penanaman 1 Milyar Pohon dilakukan sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati. Banyaknya pohon yang ditanam akan mampu dalam penyerapan karbondioksida (CO2) diudara dengan baik. Sehingga akan mampu mengantisipasi dampak perubahan iklim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer