BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danramil Tingkatkan Kinerja Babinsa Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial
Danramil Tingkatkan Kinerja Babinsa Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial

Danramil Tingkatkan Kinerja Babinsa Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial

Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan paling langsung dengan masyarakat.

Menurut Danramil 03/Patikraja Kodim 0701/Banyumas Kapten Inf Nakam bahwa berdasarkan Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer.

“Secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya,” jelasnya Danramil.

Danramil mengharapkan Babinsanya agar meningkatkan kinerjanya dan kerjasama dengan baik bersama warga, aparat dan instansi terkait di wilayah tugas masing-masing. Sehingga dapat menciptakan situasi yang kondusif serta melaporkan bila terdapat permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat dan mengedepan sifat gotong royong serta musyawarah mufakat dalam menyelesaikan permasalahan di wilayah,” tegas Danramil.

Sementara kegiatan anggota Koramil 03/Patikraja Serda Khamidin Babinsa Desa Pegalongan, melaksanakan komunikasi sosial dengan warga binaannya. Tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan  dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Babinsa adalah membina teritorial, yang menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Babinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer