BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danrem 071/Wk Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam
Danrem 071/Wk Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Danrem 071/Wk Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M. pada Jumat (6/11) membuka Latihan Penanggulangan Bencana Korem 071/Wk Tahun 2015 di Lapangan Rempoah Baturaden Banyumas.  

Pada kesempatan tersebut, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini adalah untuk meningkatkan kemampuan baik teknis maupun taktis prajurit Kodim 0701/Bms dalam melakukan mekanisme hubungan kerja dengan unsur terkait yang tergabung dalam BPBD dalam operasi penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Slamet.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah agar prajurit Kodim 0701/Bms memahami dan mampu melaksanakan proses hubungan komandan dan staf dalam perencanaan operasi penanggulangan bencana alam, mampu melaksanakan komando dan pengendalian operasi dalam menanggulangi bencana alam dan memahami serta mampu melaksanakan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat dalam penanggulangan bencana alam.

“Dengan latihan seperti ini diharapkan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam Korem 071/Wk khususnya Kodim 0701/Bms bersama-sama dengan beberapa unsur perkuatannya akan mampu bergerak cepat, tepat dan tepat sasaran”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama dalam jumpa persnya, Danrem 071/Wk menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk kesiapsiagaan satuan maupun dengan unsur BPBD dan unsur terkait termasuk di dalamnya pemerintah daerah.

“Kalau kita dalam masa damai, kita harus berpikir perang, sehingga pada saat perang terjadi kita tidak kaget dan kita siap. Sama halnya dengan bencana alam, karena bencana alam tidak bisa diprediksi. Akan ada bencana atau tidak, semua komponen disini baik TNI, Polri unsur lain BPBD siap semuanya. Sehingga pada saat yang kita tidak tahu kapan terjadi dan mudah-mudahan tidak, TNI dan Polri serta unsur lain BPBD sudah siap”, papar Danrem 071/Wk.

Pemerintah daerah, lanjutnya. Sudah optimal dalam arti sudah merencanakan dengan baik. Sama juga dengan Ketua Dewan sebagai legislatif juga sudah mengantisipasi kesitu dalam hal dukungan khususnya anggaran. Kemudian kepolisian juga membantu dalam hal ketertiban dan keamanan, begitu pula dengan unsur lain seperti kelompok trabas atau trail dan off road juga membantu pada saat terjadi bencana alam membantu mengevakuasi masyarakat maupun memberikan dukungan logistik.

“Kegiatan seperti ini adalah untuk mengantisipasi manakala terjadi dan kita sudah siap. Siapa dan berbuat apa akan digladikan dan dilatihkan sehingga tidak ada yang kebingungan terutama evakuasi masyarakat, sehingga nanti tahu apabila terjadi apa-apa berarti masyarakat akan turun evakuasi sesuai jalur yaang ditentukan”, sambungnya.

Latihan penanggulangan bencana alam erupsi gunung Slamet selama enam hari dari tanggal 6 s.d 12 Nopember 2015 dengan materi pengertian kegunungapian/vulkanologi dari BMKG, Komsos, SAR dan teknik evakuasi korban, pengetahuan tentang TK TPS/TPA dan jalur evakuasi, UU Nomor 24 Tahun 2004, pengetahuan kesehatan lapangan, pengetahuan konstruksi dan air bersih, pengetahuan prosedur lapangan dan mendirikan tenda, pengetahuan tali temali. Selain pengetahuan juga dilaksanakan kegiatan simulasi bencana alam erupsi gunung Slamet.

Latihan penanggulangan bencana alam Korem 071/Wk Tahun 2015 dibuka secara langsung oleh Danrem 071/Wk dihadiri Ketua DPRD Banyumas, Bupati Banyumas yang diwakili Sekbangpolinmas Banyumas beserta Forkopimda Banyumas, Ka SPN Purwokerto, Danlanal Cilacap, Danlanud Wirasaba, Ka BPBD Propinsi Jawa Tengah, Ka BPBD Banyumas, Ka BPPTKG, Kasrem 071/Wk, para Dandim jajaran Korem 071/Wk, Danyonif 405/Sk, para Kasirem 071/Wk dan Kabalak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Ka Dinsos Banyumas, Ka Dinkes Banyumas, Ka Dishubkominfo Banyumas, Ka Satpol PP Banyumas, Kakesbanglinmas Banyumas, Tagana dan Orari Banyumas, para Perwira, Bintara, Tamtama Makorem 071/Wk, Makodim 0701/Bms dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Lanal Cilacap dan Lanud Wirasaba serta Polres Banyumas dan Brimob, ormas dan pramuka.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer