BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danrem 071/WK Hindari Pungli dan Kedepankan Sinergitas
Danrem 071/WK Hindari Pungli dan Kedepankan Sinergitas

Danrem 071/WK Hindari Pungli dan Kedepankan Sinergitas

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi meminta kepada para prajurit dan PNS serta Anggota Persit untuk menghindari pungutan liar atau pungli dalam kehidupan bermasyarakat serta untuk menjalin dan mempererat sinergitas diwilayah baik dengan komponen bangsa lainnya maupun elemen masyarakat dimanapun berada dan bertugas.

Hal tersebut disampaikan Danrem 071/Wk pada lawatannya dalam kunjungan kerjanya memberikan pengarahan kepada prajurit dan PNS serta Persit Kodim 0736/Btg, Kamis (2/11) di Makodim 0736/Btg.

Dikatakan bahwa pada saat ini, pungutan liar (pungli) sudah sangat meresahkan masyarakat, karena semua terkait dengan pelayanan masyarakat.

Walaupun di TNI tidak ada yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat, saya ingatkan bagi seluruh prajurit dan PNS serta ibu-ibu Persitnya jangan sampai dan jangan ada yang terlibat dalam praktik pungutan liar (pungli) ini. Bila ada yang terlibat di dalamnya, maka satuan akan memberikan sanksi berat dan bahkan dapat diberhentikan dengan tidak hormat. Bagi warga masyarakat, bila ada melihat atau mengetahui prajurit dan PNS serta anggota Persit terlibat, segera laporkan ke satuan TNI terdekat.

Disampaikan Danrem bahwa pemberantasan pungutan liar (pungli) telah di keluarkan oleh Presiden RI dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang bertugas memberantas praktek pungutan liar secara efektif dan efisien. Satgas juga memiliki empat fungsi yakni intelijen, pencegahan, penindakan, serta yustisi.

Dengan diberlakukannya Perpres tersebut, diharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS serta ibu-ibu Persitnya untuk dapat membantu memberantas praktik pungutan liar yang terjadi lingkungannya atau diwilayah tugas masing-masing.

Menyikapi hal ini, tentunya sebagai prajurit dan PNS mempunyai langkah-langkah konkrit atas apa yang diputuskan Presiden RI sebagai Panglima Tertinggi TNI.

“Kepada seluruh prajurit jajaran Kodim 0736/Btg, saya minta agar dibuat suatu program kerja di satuannya dalam rangka membantu memberantas pungutan liar dan memutus mata rantai praktek pungutan liar diwilayahnya, sehingga dengan hal ini perekonomian dan kesejahteraan masyarakat akan berjalan dengan baik serta stabilitas keamanan wilayah tetap terjaga. Karenanya jaga sinergitas diwilayah dengan baik”, ungkapnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer