BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danrem 072/Pamungkas Berangkatkan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya
Danrem 072/Pamungkas Berangkatkan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Danrem 072/Pamungkas Berangkatkan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Ratusan prajurit TNI mengikuti kegiatan Pleton Beranting dengan berjalan kaki sejauh 300 km. Dengan memanggul senjata para prajurit selama tiga hari akan menyusuri rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman dari Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Yogyakarta hingga Wonosari Gunungkidul. Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Infanteri TNI AD 2014 yang secara nasional dipusatkan di Yogyakarta.

Komandan Korem 072/ Pamungkas, Berigjen TNI MS Fadhilah Menjelaskan, start sengaja dilakukan dari TMP Kusuma Negara karena di tempat inilah Jenderal Soedirman dimakamkan. Untuk finish dipilih di kawasan Gunungkidul, tepatnya di terminal lama Wonosari lantaran di wilayah tersebut Jenderal Soedirman pernah singgah untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan gerilyanya ke Wonogiri Jawa Tengah.

“Hal terpenting dalam perjalanan selama tiga hari tiga malam ini yakni bagaimana perjuangan pahlawan dihayati dan diamalkan. Semangat inilah yang harus selalu dijaga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan,” kata Danrem usai memberangkatkan pasukan pleton beranting Tudha Wastu Pramuka Jaya.

Kegiatan Tonting ini rutin digelar setiap tahunnya dengan rute tempuh yang berlainan. Dalam kegiatan pelepasan Pleton beranting  ini semua prajurit TNI dilibatkan, baik dari AD, AU, AL serta Kepolisian.

Perjalan ini akan dibagi menjadi 11 etape, dimana setiap etapenya berjarak kurang lebih 25 km. Pada pergantian etape satu regu Tonting akan digantikan kelompok lainnya untuk melanjutkan perjalanan hingga garis finish. Rute yang diambil yakni dari TMP Kusuma Negara menuju Sleman, Kulonprogo, Bantul hingga Wonosari Gunungkidul. 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer