BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danrem 072/Pmk buka latihan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 0729/Bantul
Danrem 072/Pmk buka latihan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 0729/Bantul

Danrem 072/Pmk buka latihan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 0729/Bantul

Dalam rangka meningkatkan kemampuan penanganan dan pertolongan  dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Bencana alam maka Kodim 0729/Bantul melaksanakan  Latihan Penanggulangan Bencana Alam dan Tsunami yang dilaksanakan bekerjasama dengan Kepolisian Bantul, BPBD, Basarnas, Pemadam Kebakaran, dan jajaran Pemda Bantul, Senin (2/12/2019).

Pelaksanaan Latihan Penanggulangan bencana alam Kodim 0729/Bantul TA. 2019 ini bertujuan guna melatih dan menguji kesiap siagaan satuan sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) yang dibuat satuan  dalam menghadapi bencana alam dan untuk menguji kemampuan Komandan Kodim  dan  Perwira Stafnya maupun aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul dan Organisasi terkait dalam mengolah kemampuan operasional pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi penanggulangan bencana alam yang di hadapi.

Penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terpadu antara Kodim 0729/Bantul dan Pemda Bantul, dengan terencana, terkoordinasi secara menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana. Dalam operasi bantuan ini yang meliputi aspek komando pengendalian    dan prosedur bantuan administrasi dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan wilayah, serta bagaimana memadukan visi dan misi Forkopimda Bantul dalam menghadapi bencana alam.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Kodim 0729/Bantul dibuka oleh Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Dalam sambutannya Danrem menyampaikan Bahwa daerah Bantul ini merupakan daerah rawan terhadap bencana alam maupun Tsunami karena Bantul terletak di pesisir pantai Selatan.

Lebih lanjut Brigjen TNI Muhammad zamroni menyampaikan harapan kita bencana tidak terjadi di wilayah kita, namun apabila terjadi kita sudah siap apa yang harus kita kerjakan karena sudah dilatihkan bersama-sama, siapa berbuat apa.

Program latihan ini juga untuk meyakinkan kepada seluruh anggota, Pemda dan Organisasi yang terlibat dalam penanggulangan bencana siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Protap yang dibuat masing-masing instansi. Namun demikian saya harapkan kedepan dalam pembuatan Protap maupun naskah latihan dibuat secara bersama-sama sehingga dapat singkron terhadap tugas masing-masing instansi.

Mengakhiri sambutannya Danrem berharap kepada seluruh peserta latihan agar dapat melaksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kerjasama antar instansi dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah bantul ini, laksanakan dengan gembira dan penuh  semangat dengan tidak mengabaikan faktor keamanan baik personel maupun materiil, Pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer