BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Danyonif 407/PK Bersama Prajuritnya Dan Persit Ikut Sukseskan Tari Gemu Famire Menuju Rekor Muri
Danyonif 407/PK Bersama Prajuritnya Dan Persit Ikut Sukseskan Tari Gemu Famire Menuju Rekor Muri

Danyonif 407/PK Bersama Prajuritnya Dan Persit Ikut Sukseskan Tari Gemu Famire Menuju Rekor Muri

Tegal,- Bertempat di Lapangan Makorem 071/WK, Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) bersama 200 prajuritnya dan 100 Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407/PK ikut memeriahkan senam Gemu Famire yang diselenggarakan oleh Korem 071/Wijaya Kusuma Jl. Gatot Subroto Ds. Sokaraja Kidul  Kec. Sokaraja Banyumas, Selasa (04/09).

 Senam Gemu Famire massal yang dilakukan di sejumlah Markas TNI seluruh Indonesia diselenggarakan dalam rangka pemecahan Rekor Muri serta sebagai wujud nyata dalam melestarikan budaya bangsa dan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 73 TNI.

Diwilayah Kodam IV/Diponegoro diselenggarakan Senam Gemu Famire di 5 tempat yaitu Lapangan Simpang Lima Semarang, Lapangan Jendral Sudirman Ambarawa, Lanud Adi Sumarno Surakarta, Lanud Adi Sucipto Yogyakarta dan Lapangan Wijaya Kusuma Korem 071/WK.

Peserta Tari Gemu Famire di Korem 071/Wk menrerahkan 3500 personel yang terdiri dari 1950 personel (TNI AD, AL, AU) Makorem 071/Wk beserta jajarannya, Brigif -4/DR beserta jajarannya, Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Lanud Jendral Sudirman Purbalingga, Lanal Tegal, Lanal Cilacap, Satradar Pemalang, 75 PNS dari jajaran Korem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip, Polri sebanyak 75 Personel dari perwakilan 9 wilayah jajaran Korem 071/Wk, SPN Purwokerto, Persit KCK jajaran Koorcab Rem 071/Wk sebanyak 750 personel, Dharma Pertiwi 50 Personel dari Jalasenatri Cilacap, Tegal maupun Pia Ardya GArini Lanud Jendral Sudirman Purbalingga dan Satradar Pemalang, PPm 50 Personel, FKPPI 110 personel, Pelajar 350 personel dan Pramuka 75 personel.

Dalam sambutannya Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardana, S.Sos, M.M menyampaikan rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunianya pada hari ini kita semua telah melaksanakan senam tari Gemu Famire secara serentak diseluruh wilayah NKRI dalam rangka menyambut HUT TNI ke -73 sekaligus pemecahan Rekor Muri dalam keadaan sehat walafiat.

“Kita ketahui bersama bahwa tari Gemu Famire berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur yang diciptakan oleh Frans Cornelis Dian Bunda alias Nyong Franco pada tahun 2011. Tarian ini merupakan salah satu tari dalam penyambutan tamu atau wisatawan asing yang datang di wilayah tersebut dengan diiringi lagu Maumere. Kegiatan tari Gemu Famire secara bersama ini juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk apresiasi kita terhadap upaya perlindungan dan pelestarian terhadap seni budaya luhur bangsa,” pungkasnya.

Lebih lanjut Danyonif 407/PK menyampaikan, bahwa keikutsertaan prajurit Yonif 407/PK dan Persit dalam acara ini tidak lain adalah sebagai wujud dalam memeriahkan HUT TNI yang ke -73 serta mensukseskan pemecahan Rekor Muri dengan penampilan senam tari Gemu Famire yang dilaksanakan secara massal di wilayah Korem 071/Wk dan serentak oleh sejumlah Markas TNI di wilayah Indonesia.

“Dengan menampilkan tarian Gemu Famire yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai dan harus dilestarikan serta dijaga oleh kita semua agar dapat terus berjaya dan lebih dikenal di berbagai penjuru dunia,” begitu pungkanya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer