BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Dengan Khidmat, Kodim 0716 Demak Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro Ke-65
Dengan Khidmat, Kodim 0716 Demak Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro Ke-65

Dengan Khidmat, Kodim 0716 Demak Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro Ke-65

Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro ke- 65 tahun 2015 diperingati oleh Kodim 0716 Demak dengan menggelar upacara di Alun-alun Masjid Agung Kota Demak, Senin (5/10) pagi. Peringatan HUT TNI ke-70 tahun 2015 ini mengambil tema “Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Demak Drs H.Muh Dachirin Said Sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil 05 Mijen  Kodim 0716 Demak Kapten Arm Kartiyo.

Upacara tersebut dihadiri oleh Dandim 0716 Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, Wakil Bupati Demak Drs.H.Harwanto,Ketua DPRD Demak H.Nurul Muttaqin,Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo S.I.K,Kajari Demak dan jajaran Kepala SKPD Kabupaten Demak. Hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Demak Dr.Singgih Setyono dan tamu undangan lainnya.

Upacara ini diikuti oleh seluruh jajaran Kodim 0716, personil Polri,Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI dan Pemda , FKPPI, Dishub, Satpol PP, Linmas, Banser, pelajar dan Pramuka.

Bupati Demak Drs.H.Muh Dachirin Said saat membacakan sambutan tertulis pesiden Republik Indonesia H.Ir.Joko Widodo,menyampaikan pada peringatan upacara hari TNI ke-70 atas nama negara,pemerintah dan juga pribadi saya menyampaikan ucapan selamat HUT TNI ke-70 tahun 2015 kepada segenap anggota dan kéluarga besar TNI dimanapun saudara berada dan bertugas.secara khusus saya  ucapan terima kasih dan penghargaan setingginya kepada anggota TNI  yang  dengan penuh semangat bertugas di daerah pedalaman dan diwilayah perbatasan.

Memasuki usia yang ke-70 tahun TNI bisa mengunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri sebagai tentara rakyat,tentara pejuang,tentara nasional dan tentara profesional.

“Sejarah mencatat bahwa TNI dilahirkan dari rahim rakyat,Panglima besar Jendral Sudirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air,TNI tidak boleh melupakan rakyat TNI tidak boleh menyakiti rakyat TNI harus bersama-sama rakyat sehingga bisa menjadikan kekuatan yang hebat dan kuat dan yang disegani dan diperhitungkan bangsa-bangsa lain di dunia”,ungkap Bupati.

Dalam kesempatan yang lain setelah upacara Hut TNI Ke-70 Dandim 0716 Demak mengungkapkan, dalam konteks tugas-tugas TNI dalam mendukung pelaksanaan tugas tersimpul pada implementasi motto TNI “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Bersama dan dengan dukungan rakyat TNI akan semakin siap dan mantap melaksanakan tugas dengan langkah antisipatif serta responsif, termasuk menjaga dan mengamankan aset-aset sumber daya ekonomi nasional secara tegas yang menjadi modal pembangunan nasional.

“Bersama rakyat, kita cegah terjadinya benturan dan kekerasan komunal yang akan mengganggu ketentraman hidup masyarakat dan kesatuan bangsa. Bersama rakyat, kita jamin Pemilukada serentak 2015 yang akan di selenggarakan 9 desember mendatang dapat berlangsung secara lancar, tertib, bebas, adil dan damai, karena Pemilu adalah masa depan keberlanjutan pembangunan nasional. Bersama rakyat, kita pertahankan kedaulatan dan keutuhan setiap jengkal wilayah yang secara sah merupakan bagian integral dari NKRI.

Lebih lanjut Dandim menegaskan bahwa pendirian TNI jelas, tegas dan tidak mengenal kompromi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. “Melalui kebersamaan ini, Dandim berharap segenap komponen bangsa dapat berjalan seiring, selaras, serasi dan seimbang dengan dasar pandangan yang sama didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna membangun masa depan bersama, untuk menjadi bangsa yang besar, kuat dan bermartabat,” tegas Dandim.

Peringatan HUT TNI ke-70 dan Kodam IV Diponegoro ke 65 ini dilanjutkan dengan ditampilkannya Drama kolosal. “Panglima Besar Jenderal Sudirman”,yang terdiri dari gabungan  kodim 0716/Demak, Tim jihandak yon Zipur 4 /Tk , pelajar SMA N 1 Demak dan pagelaran seni budaya singgo barong dari kec Bonang serta Bazar dari berbagai stand di wilayah Kabupaten Demak.

Maksud dan tujuan drama kolosal adalah  untuk memeriahkan dan mengenang jasa dan perjuangan  pahlawan Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam merebut kemerdakaan republik Indonesia dari penjajah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer