BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / DUA RUMAH DAN ENAM SEPEDA MOTOR TERTIMBUN LONGSOR
DUA RUMAH DAN ENAM SEPEDA MOTOR TERTIMBUN LONGSOR

DUA RUMAH DAN ENAM SEPEDA MOTOR TERTIMBUN LONGSOR

SALAMAN – Akibat curah hujan yang cukup deras yang mengguyur wilayah Dusun Palungan RT.03/04 Desa Sidosari kecamatan Salaman sejak pukul 14.00 wib sampai dengan pukul 20.00 yang mengakibatkan terjadinya tebing mengalami longsor.Danramil Salaman, Camat Salaman, Babinsa Desa Sidosari serda Abdul majid, para relawan garuda menoreh beserta Kepala Desa Sidosari dan perangkatnya juga BPBD kabupaten Magelang mengecek dan mendata warga yang terkena longsor tersebut. Sedangkan longsoran tersebut dengan kelebaran 20 meter, panjang 100 meter serta ketebalan 4 meter. Akibat dari kejadian tersebut 2 rumah warga, dan 6 sepeda motor tertimbun longsoran. Sementara itu longsor tersebut juga mengancam 5 rumah warga disekitarnya.

Untuk mmeringankan beban warga ataa kejadian tersebut pagi ini seluruh komponen instansi yang terkait juga warga masyarakat, para relawan, dan TNI dari Kodim magelang melaksanakan karya bakti membersihkan longaoran tanah dan puing – puing tersebut. Dari data yang dihimpun 2 rumah warga yang tertimbun longsor dan mengalami kerusakan berat tersebut antara lain milik M.Yasin(55) seorang petani, dan Fadholi (50), serta 6 sepeda motor juga ikut tertimbun dilokasi.

Kapten inf Adi Sanyoto, Danramil 20 Salaman menghimbau kepada para warga yang rumahnya terancam longsor agar selalu waspada dan berhati-hati apabila hujan turun, serta hendaknya semuanya selalu peka terhadap perkembangan situasi dan kondisi disekelilingnya, atau jika perlu pindah sementara waktu ke tempat saudaranya yang lebih aman pada saat turun hujan.

Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait terutama dari kecamatan Salaman dan juga dari Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Magelang agar diadakan penanggulangan lebih dini. Dan hal ini sudah terealisasi dengan adanya kerjabakti seperti sekarang ini yang kita lakukan bersama.
Desa Sidosari ini tanahnya labil dan letaknya berbukit-bukit sehingga sangat rentan sekali dengan kejadian longsor, seperti pada musim hujan tahun lalu terjadi longsor juga di Dusun Kranjanglor Desa Sidosari, berkat kesigapan dari para warga disekitarnya sehingga tidak terjadi korban jiwa.

Hal ini patut kita syukuri bersama dan menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih waspada dan peka terhadap perkembangan situasi disekeliling kita, terutama para warga yang pemukimannya berdekatan dengan tebing atau ditempat ketinggian. Dan dihimbau untuk semua warga apabila terjadi tanah longsor, angin putting beliung, dan pohon tumbang segera menyelamatkan diri dan keluarganya ke tempat yang lebih aman dan silahkan melaporkan kepada kepala Dusun atau kepala Desa setempat atau juga kepada para Babinsa di tiap-tiap wilayah agar permasalahan segera di tindak lanjuti.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer