BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Duta Pelajar YES
Duta Pelajar YES

Duta Pelajar YES

Setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan menyisihkan ribuan peserta se tanah air, akhirnya Ardy Natakusuma Sanjaya putra anggota Minvetcad IV-09 Batang, bersama empat siswa lainnya terpilih menjadi duta pelajar Indonesia  yang tergabung dalam Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) program di Amerika. Seleksi tersebut meliputi pengetahuan umum, bahasa Inggris, dinamika kelompok, seleksi berkas, gambaran tentang AFS dan seleksi nasional.

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) program  adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State Amerika kepada siswa SMA atau sederajat,yang bertujuan menjembatani pemahaman, perdamaian dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Selama pelaksanaan program, pelajar akan tinggal dengan keluarga angkat di Amerika dan bersekolah di SMA setempat. Mereka akan belajar secara langsung mengenai kehidupan di Amerika Serikat, berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh program YES.

Anak kedua dari Pasutri Pelda Muh Yasid dengan Ibu Susilowati S.pd SD ini mengikuti program YES terinspirasi dari para alumni yang sukses dan kenegarawan diantaranya : Taufiq Ismail (sastrawan), Tanri Abeng, Z. A. Maulani,  Anies Baswedan (negarawan dan rektor), Imam B. Prasodjo (sosiolog UI), Najwa Shihab (news anchor Metro TV), Valerina Daniel (news anchor SCTV), Indra Herlambang (artis), Joko Anwar (Sutradara), Mario Teguh (motivator nasional) dan lainnya.

Dengan mengikuti program YES pelajar SMAN 1 Pekalongan ini berharap dapat membuka wawasan tentang dunia internasional, menjadi jembatan toleransi dan budaya antar Indonesia dan Amerika, serta untuk merasakan dan berbagi kebudayaan  positif masyarakat Amerika yang dapat ditularkan kepada pemuda Indonesia sebagai penerus bangsa. Contohnya sikap demokrasi yang dijunjung tinggi masyarakat Amerika.

Dengan berbagai kesibukan membuatnya cermat dalam membagi waktu  kegiatan dan belajar sebagai siswa, untuk itu anak kedua dari tiga bersaudara yakni kakak Artha Mahindra Diputera. S.Pd dan adik M. Haikal Muharromah tersebut memegang pronsip disiplin dan menghargai waktu. Selain itu membuat agenda khusus setiap hari dengan bantuan handphone reminder.

Hobinya membaca buku autobiografi tokoh sukses dunia maupun nasional, membuat dirinya semakin termotivasi. Jika dirinya hanya menjadi siswa sekolah biasa dimana setelah bel sekolah langsung pulang ke rumah tidak akan membawa banyak nilai kehidupan untuk bekal dirinya, sehingga dirinya menempa diri sejak dini dengan ingin bertemu banyak tantangan baru sehingga akan memiliki pengalaman lebih matang untuk mempersiapkan kesuksesan.

Untuk itu, pria kelahiran Tegal, 23 Mei 1997 yang mempunyai cita-cita mau masuk di Akademi Militer ini juga aktif kegiatan di luar sekolah dan lomba yang diadakan oleh umum. Seperti pramuka, menjadi anggota SAR, pengerak rumah baca “Omah merah”, sebagai penyiar radio BSP Pekalongan dan MC. Dunia penyiar telah dijalani dua tahun lalu secara rutin 3 jam sehari dan dalam satu minggu diberi jadwal 6 kali siaran. Sedangkan dalam bidang MC sering dipakai pada event2, Roadshow dan lainnya, sehingga sedikit banyak telah bisa mencari uang saku untuk sekolah.

Selain itu, dunia acting juga dijelajahinya dengan berperan dalam film layar lebar berjudul “Dion Kardus”, yang merupakan sebuah film Indie dimana shooting selama beberapa hari di sejumlah kawasan di Pekalongan dan sekitarnya. Film yang diproduksi oleh BIA Production tahun 2012 dan sutradara Bagus Maulana (Jakarta) ini mengikuti beberapa festival film local maupun nasional. (GD)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer