BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / EMBUNG DAWUHAN MULAI DIGARAP (Melibatkan Anggota Kodim 0701 Banyumas)
EMBUNG DAWUHAN MULAI DIGARAP (Melibatkan Anggota Kodim 0701 Banyumas)

EMBUNG DAWUHAN MULAI DIGARAP (Melibatkan Anggota Kodim 0701 Banyumas)

Pengerjaan Embung (Penampungan Air) di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas mulai dikerjakan hari ini (25/8/2016). Embung tersebut memiliki volume : 16x15x3 yang digunakan untuk menampung air dari Sungai Serayu. Proyek yang pembangunannya mendapat bantuan dana dari Pemerintah dan Swadaya Masyarakat ini, pengerjaannya juga melibatkan unsur TNI dari Kodim 0701 Banyumas sebanyak satu peleton (35 orang) yang dipimpin langsung oleh Danramil 07 Banyumas Kapten Inf Rabun.
Pembuatan Saluran Pipa sepanjang 800 meter dari Sungai Serayu hingga lokasi Embung juga sudah mulai dikerjakan oleh masyarakat dan Anggota Kodim 0701 Banyumas. Pengerjaan saluran Pipa ini memakan waktu sekitar tiga hari. Untuk mendukung kelancaran proyek yang prestisius ini juga menggunakan Mesin Pompa Air dengan kemampuan besar yang juga merupakan bantuan dari Pemerintah.
Diharapkan bila musim kemarau tiba, debit air dalam Embung tersebut dapat mengairi area persawahan sekitar 200 Hektar yang terdapat di empat desa, yaitu : Desa Dawuhan, Desa Kalisube, Desa Pasinggangan dan Desa Papringan Kecamatan Banyumas. Juga dapat digunakan untuk pemeliharaan Ikan Air Tawar dan bisa juga untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga sekitar Embung bila musim kemarau yang panjang tiba.
Kepala Desa Dawuhan Titik Badriyah menyampaiakan keterangan persnya berkenaan dengan proyek yang ada di desanya. Disampaikanya bahwa pembangunan Embung tersebut merupakan usulan dari warga yang menginginkan adanya tempat penampungan air untuk mengairi area persawahan bila musim kemarau tiba. Usulan warga tersebut diteruskan kepada Pemerintah (Dinas Pertanian) dan mendapat respon yang positif dari pemerintah yang akhirnya memberi bantuan.
Titik sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah, dan TNI yang ikut berpartisipasi pada pembangunan Embung tersebut. Kades yang sudah dua periode terpilih untuk memimpin desa tempat Makam Leluhur dari Mantan Danjen Kopassus, Letjend Prabowo Subianto sangat bangat bangga dipercaya oleh pemerintah untuk membangun Tempat Penampungan Air (Embung ) ini. “ Semoga ini bermanfaat bagi warga dan amanah untuk semua “, demikian harapan Titik saat ditemui dilokasi proyek pembangunan embung.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer