BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Gaktib Sebagai Upaya Pencegahan Pelanggaran Anggota
Gaktib Sebagai Upaya Pencegahan Pelanggaran Anggota

Gaktib Sebagai Upaya Pencegahan Pelanggaran Anggota

Magelang – Ratusan personel militer dan PNS Kodim 0705/Magelang mengikuti pemeriksaan dalam rangka Gaktib dalam satuan yang dilaksanakan di Makodim 0705/Magelang, Senin (17/07).

Gaktib dalam satuan yang dilaksanakan oleh Sub Denpom IV/2-1 ini merupakan kegiatan pada tahap pencegahan. Pada kegiatan ini dilakukan pemeriksaan terhadap surat kelengkapan diri bagi personel, kelengkapan surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan.

Sebelumnya, Pasi Intel Kodim 0705/Magelang Kapten Inf I Ketut Kukuh AW, S.Sos sudah menekankan kepada seluruh anggota agar melengkapi surat kelengkapan kendaraan bermotor baik bagi personel yang menggunakan kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendraan.

Komandan Sub Denpom IV/2-1 Kapten Cpm Anastasius Adi Supamo, S.H, M.M saat memimpin Gaktib menjelaskan bahwa kegiatan Gaktib dalam satuan yang dilaksanakan di Kodim 0705/Magelang ini adalah rangkaian kegiatan gaktib yang sedang dilaksanakan oleh POM TNI AD.

Sebelumnya terlebih dulu dilaksanakan sosialisasi tentang kegiatan Gaktib.

Kapten Anas melanjutkan, bahwa Gaktib di Satuan Kodim ini sudah masuk pada tahap pencegahan. Apabila dalam gaktib ini ada temuan maka hasilnya akan dilaporkan ke komandan satuan, untuk dilaksanakan pembinaan dan melengkapi apabila ada surat kendaraan yang belum lengkap.

“Pada tahap pencegahan ini belum diambil langkah hukum, hasil temuan kita laporkan pada Dandim untuk dilakukan pembinaan atau langkah – langkah di satuan” ujar Anas.

Menurut Kapten Cpm Anas, gaktib dalam satuan akan dilaksanakan di seluruh satuan TNI AD yang ada di Wilayah Magelang, Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Ada sekitar 23 satuan yang ada di wilayah tanggung jawab Sub Denpom IV/2-1

Tahapan dalam penegakkan ketertiban ini meliputi tahap sosialisasi, tahap pencegahan dan tahap penindakan.

“Untuk tahap sosialisasi sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2017, saat ini masuk pada tahap pencegahan dan pada bulan Maret yang akan datang akan dilaksanakan Gaktip tahap penindakan” pungkas Anas.

Kapten Cpm Anastasius Adi Supomo, S.H, M.M berharap agar seluruh prajurit dan PNS TNI AD taat dan patu pada setiap aturan sehingga berdampak positif pada citra TNI dimata masyarakat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer