BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Gelar Budaya Kuda Lumping
Gelar Budaya Kuda Lumping

Gelar Budaya Kuda Lumping

Komandan Kodim 0706/Temanggung beserta Jajaran FKPD Kab. Temanggung Mengikuti Gelar Budaya Kuda Lumping dalam Rangka Hari Jadi Kab Temanggung, Para peserta gelar budaya tengah memamerkan aksi panggungnya di alun-alun Temanggung, diikuti 50 kesenian Kuda Lumping se Kabupaten temanggungpada Minggu (8/11).

Kemeriahan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Temanggung terus berlanjut, Minggu (8/11) kemarin, Pemkab Temanggung menggelar pesta budaya di kawasan kota Temanggung. Pesta budaya yang menghamburkan ratusan juta rupiah tersebut digelar di pusat kota Temanggung.

Festival budaya dan apel kesenian kuda lumping yang di gelar dalam rangka menyambut hari jadi Temanggung 181.

Dalam kegiatan apel akbar kesenian kuda lumping tersebut, setidaknya melibatkan 50 kelompok kesenian kudalumping dan satu kelompok kesenian lainnya. “Setiap kecamatan diwakili  satu kelompok kuda lumping, dengan melibatkan setidaknya 20 pemain dan 15 penambuh gamelan, jadi paling tidak melibatkan 1000 sampai 1200an orang.

Setelah apel, katanya seluruh peserta apel kuda lumping termasuk kelompok prajurit kirab dokumen pemerintah darurat melakukan pawai keliling kota Temanggung dengan rute mulai dari Alun-Alun, menuju perempatan BCA,  Plaza, Pasar Temanggung, Tugu Jam , Depan Polres Temanggung, dan finish di Depan Telkom  Temanggung.

Memilih kuda lumping dalam apel tersebut karena kesenian ini mayoritas di Kabupaten Temanggung. Kesenian kuda lumping bukan ciri khas Temanggung, tetapi jumlah grup kesenian ini paling banyak di Temanggung dibanding grup kesenian lainnya. Ada 625 kelompok kesenian kuda lumping di seluruh Kabupaten Temanggung.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer