BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / GELIAT PENDAMPINGAN BABINSA
GELIAT PENDAMPINGAN BABINSA

GELIAT PENDAMPINGAN BABINSA

Musim hujan mulai turun lagi, kini saat yang tepat pagi para petani untuk memulai menanam,seperti yang dilakukan oleh para petani di desa Sawangan . Mengetahui hal tersebut para Babinsa mendatangi para petani untuk memberikan pengarahan agar dalam mengolah lahan, penyemprotan dan panen sesuai anjuran dari Dinas Pertanian dan Perikanan. (18/9) .

Disawah milik bapak Amin desa Sawangan dengan luas 0,5 dengan jenis padi Ciherang dibawah naungan kelompok tani Pantes diadakan penanam padi yang didampingi para Babinsa Serda Lilik. Di Sojokerto dengan babinsa Sertu Slamet melaksanakan penyemprotan tanaman padi di lahan milik bapak Kasman dengan luas lahan 0,6 ha. Sedang jenis padi yang ditanam Barito yang di bimbing oleh kelompok tani Sri Mulih. Babinsa Serda Tudiono di desa binaannya Manggis melaksanakan panen padi jenis Ciherang, di lahan milik bapak Cipto dengan luas 0,5 ha dengan hasil 3,3 ton gkp.

Para Babinsa menuturkan bahwa kegiatan pendampingan kepada para petani mempunyai tujuan agar para petani lebih giat dalam mengolah lahan, dengan pendampingan para petani diajak agar dalam menanam padi menggunakan tehnik –tehnik yang telah diajarkan oleh para PPL sehingga bisa meningkatkan hasil produksinya disamping itu dengan adanya pendampingan apabila dilapangan para petani mengalami kendala para Babinsa dan Danramil serta PPL dapat segera mengatasinya.
Khusus para Babinsa diawal tahun ini sebagai gebrakan untuk lebih giat lagi mendampingi para petani dalam menyukseskan program swasembada pangan. Harapan dari system tersebut adalah untuk meningkatkan hasil produksi. Karena untuk wilayah Wonosobo sudah tidak bisa lagi untuk menambah lahan pertanian, malah yang ada banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kebutuhan yang lain seperti berubah menjadi tanaman salak atau yang lainnya bahkan berubah menjadi perumahan maupun industri. Untuk itu agar produksi bisa tercapai dari target yang telah ditentukan maka salah satu langkah yang harus ditempuh adalah dengan menerapkan sistem yang baik sesuai arahan dari dinas pertanian.

Penyemprotan padi gunakanlah insektisida yang sudah di anjurkan pula dari PPL, dengan harapan akan meningkatkan kesuburan tanaman dan membuahkan hasil yang maksimal. Hasil yang di peroleh di harapkan di jual ke Bulog, untuk lebih memantapkan ketersediaan pangan daerah maupun nasional. Dengan peningkatan produksi oleh para petani tidak perlu lagi untuk impor beras, untuk mencukupi kebutuhan keluarga kita. Walaupun lahan pertanian semakin sempit karena alih fungsi, para petani dengan bimbingan PPL dan babinsa lebih mengoptimalkan dalam pengolahan lahan. Gunakan metode yang sudah di anjurkan, sehingga akan memaksimalkan hasil yang di capai.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer