BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / GERAKAN JAJAR LEGOWO (JARWO) KORAMIL 03/WANADADI
GERAKAN JAJAR LEGOWO (JARWO) KORAMIL 03/WANADADI

GERAKAN JAJAR LEGOWO (JARWO) KORAMIL 03/WANADADI

Wanadadi,Program  Upaya khusus (Upsus) mendukung swasembada pangan antara lain adalah dengan meningkatkan produksi  tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale). Peningkatan produksi tanaman pangan salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan beberapa teknologi termasuk sistem tanam jajar legowo(jarwo).

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang jarwo dan keterampilan pertanian di lapangan, dinas Pertanian Kab Banjarnegara dan Dinas BPP Kec Wanadadi  melaksanakan sosialisasi teknologi sistem tanam padi jajar legowo di Ds Medayu Kec Wanadadi Kab Banjarnegara Pada Hari Senin (06/11/2017). Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih ada 32 orang peserta terdiri dari 2 orang dari Dinas Pertanian Kab Banjarnegara, 4 orang dari Dinas BPP Kec Wanadadi, Babinsa Ds Medayu, 4 orang dari Perangkat Ds Medayu,Ketua Gapoktan DS Medayu dan warga masyarakat Ds Medayu kurang lebihnya ada 20 orang.

Penyuluh Pertanian Kec Wanadadi, Ibu Fitri menjelaskan pengertian  jajar legowo adalah suatu rekayasa teknologi untuk mendapatkan populasi tanaman lebih dari 160.000 per hektar, dengan menerapkan sistem ini selain mendapatkan populasi pertanaman,juga mampu dapat berfotosintesa lebih baik. Dengan pola tanam ini, seluruh barisan tanaman akan mendapat tanaman sisipan.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan utama dari tanam padi dengan sistem jajar legowo yaitu meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

Jauh sebelumnya Babinsa dan PPL Ds Medayu juga pernah menyampaikan kepada petani tentang jajar legowo bahwa dgn sistem jajar legowo akan lebih menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik. Ini di karenakan tanaman padi yang di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak, itulah sebabnya sistem tanam jajar legowo menjadi salah satu pilihan dalam proses meningkatkan produksi gabah

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer