BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Gerakan Pembersihan Sungai di Wilayah Karang Anyar
Gerakan Pembersihan Sungai di Wilayah Karang Anyar

Gerakan Pembersihan Sungai di Wilayah Karang Anyar

Banyak manfaat sungai yang kita ketahui untuk kepentingan manusia antara lain untuk pembangkit tenaga listrik , untuk mengairi sawah, untuk pariwisata dan untuk tempat hidup binatang seperti ikan , buaya dll. Dalam pelajaran sejarah dulu ketika SMP dan SMA disebutkan bahwa kerajaan yang ada di Indonesia terletak di tepi sungai seperti Sungai Mahakam, sungai Citarum, sungai Brantas, dll. Itu membuktikan bahwa air memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Namun sayangnya kerusakan lingkungan air yang ada di sungai sudah sangat memprihatinkan. Banyak orang yang membuang sampah seenaknya di sungai, membuang limbah pabrik di sungai sehingga membuat air sungai menjadi kotor, bau dan tercemar sehingga menimbulkan busa. Padahal air sungai juga diolah untuk air minum manusia yang disalurkan ke rumah tangga melalui perusahaan air minum milik pemerintah.

Keadaan  memprihatinkan ini membuat komando atas memerintahkan seluruh prajurit TNI maupun  PNS melaksanakan gerakan pembersihan sungai di wilayahnya. Menindaklanjuti perintah tersebut maka, seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0727/Karanganyar bersama masyarakat sekitar dengan suka cita bekerja bakti membersihkan 3 bantaran sungai yang ada di wilayah Karanganyar yaitu bantaran sungai Kel. Cangakan, bantaran sungai dantalud desa Ngijo dan bantaran sungai desa Papahan   kabupaten  Karanganyar. Kegiatan ini diikuti pula instasi pemerintahan wilayah setempat dan masyarakat.

Kepala Staf Kodim mayor Kav Bangun Pranoto yang mewakili Komandan kodim 0727/Karanganyar selaku pimpinan kegiatan ini menyatakan air sungai yang bersih banyak manfaatnya diantaranya bisa untuk pariwisata menambah pendapatan masyarakat dan pemerintah daerah, untuk mengairi sawah para petani, sarana transportasi, dan juga sebagai tempat berkembang biaknya satwa atau tumbuhan.

Lebih lanjut Kasdim 0727/Karanganyar menyatakan perlu adanya kerja keras dari berbagai pihak agar sungai yang sudah tercemar dapat menjadi bersih sehingga air yang dihasilkan layak dan sehat dikomsumsi, diharapkan dengan pembersihan ini masyarakat dan semua pihak  tak lagi mencemari sungai. Memang membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang agar sungai menjadi bersih dan air yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi. namun jika tidak dimulai dari sekarang maka sungai yang akan tercemar tidak akan menjadi bersih. perlu kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga air sungai agar bersih.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer