BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Gerakan Pramuka Perekat NKRI
Gerakan Pramuka Perekat NKRI

Gerakan Pramuka Perekat NKRI

Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan, Dalam konteks Indonesia gerakan Pramuka menjadi “rumah kita bersama”, dan itulah Harapan Bangsa ini kepada gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia serta golongan atau kelompok lainnya. Untuk itulah, Hari Pramuka ke 57 sekarang ini kita mengangkat tema “Pramuka perekat NKRI”.
Tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.
Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 Tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa saat ini semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar. Kami selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.
Untuk itu, saya menghimbau kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.
Sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Bupati/Walikota beberapa bulan yang lalu, pencalonan anggota legislatif serta pencalonan presiden dan wakil presiden tentunya agak panas situasinya. Saya berharap anggota pramuka di seluruh jinjang hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam ikut perpolitikan meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik. Saya berpesan hendaknya gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis.
Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, Pelatih Pembina, Pamong Saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerja sama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berpikir dan bertindak, miliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.
Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita ini dan ke sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik. Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas. Ketika Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2045, dan dan saat ini di antara anggota aktif Pramuka yang tersebar di berbagai pelosok tanah air akan menjadi pemimpin negeri ini di masa depan.
“Satu Pramuka untuk Satu Indonesia Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesiaku”, pungkas Amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M selaku Irup pada Upacara Peringatan hari Pramuka ke 57 tahun 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer