BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / GNIB Menjadi Tanggung Jawab Kita Semua
GNIB Menjadi Tanggung Jawab Kita Semua

GNIB Menjadi Tanggung Jawab Kita Semua

Rembang-(05/10/2016), Permasalahan lingkungan hidup di Indonesia akhir-akhir ini semakin mengemuka. Tidak hanya terkait dengan pelestarian lingkungan hidup yang ada di sekitar kita semata, tetapi juga merupakan bagian dari konsep pembangunan berkelanjutan.

Dalam hal ini Kodim 0720/Rembang sebagai Satuan Komando Kewilayahan ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, baik asrama TNI maupun lingkungan masyarakat.

Kodim 0720/rembang dengan melibatkan 95 personel, bersama dengan ORMAS (LDII, PPM, Senkom Mitra Polri) dan warga masyarakat dan pelajar secara bersama – sama melaksanakan gotong royong di lingkungan pasar induk ds sumber rejo kcamatan rembang kab rembang.

Dandim 0720/Rembang Letkol Inf Darmawan Setiady Sip menjelaskan gotong royong tersebut merupakan program pemerintah Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) Semester I TA. 2016 Kodim 0720/Rembang, untuk menciptakan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

“Kita lakukan dengan mendaur ulang sampah, membuang limbah dan sampah pada tempat-tempat yang telah ditentukan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kelestarian dan kebersihan lingkungan, kegiatan ini melibatkan banyak personel termasuk dari ormas dan masyarakat sekitar lingkungan, dengan kegiatan seperti ini apabila hanya di kerjakan TNI sendiri adalah merupakan suatu kebodohan dalam arti TNI merupakan komponen utama sedangkan komponen cadangan adalah organik masyarakat binaan kita (LDII, senkom, PPM, FKPPI) disitulah letak kebersamaan yang selama ini kita rasakan hilang maka kita menjadi contoh untuk mempelopori hidup bergotong royong bersama TNI, Masyarakat dan Ormas. Kegiatan tersebut dapat memberikan gambaran kepada masyarakat atau warga bahwa untuk bekerja jangan terpaku pada alat yang penting ada kemauan dengan alat yang ada (tradisional) kita bisa memaksimalkan, disamping itu bukan melihat pada berapa banyak yang akan kita kerjakan tapi kita mulai berbuat mulai dari hal yang paling kecil dengan waktu sesingkat mungkin tetapi dapat bermanfaat”, tuturnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini tentunya akan mempunyai nilai manfaat sehingga tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang fiktif atau tidak terlaksana, disamping itu masih banyak program lain yang harus dilaksanakan dengan melibatkan ormas dan masyarakat diantaranya penghijauan, karya bhakti, rumah tidak layak huni, TMMD yang semuanya diperuntukan untuk masyarakat.

Tujuan Kegiatan Program GNIB untuk membantu mempercepat program pemerintah yang berkelanjutan khususnya tentang budaya bersih lingkungan melalui GNIB TA 2016 di Semua Sektor yang di anggap perlu maupun di lingkungan masyarakat. Demikian Ungkapnya

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer