BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Gubernur DIY Pimpin Upacara HUT Ke-70 TNI di Kulonprogo
Gubernur DIY Pimpin Upacara HUT Ke-70 TNI di Kulonprogo

Gubernur DIY Pimpin Upacara HUT Ke-70 TNI di Kulonprogo

Korem 072/Pamungkas menggelar upacara peringatan HUT ke-70 TNI di Lapangan Pengasih Kulonprogo, Yogyakarta Senin (5/10) pagi. Upacara peringatan ini dihadiri sekitar ribuan peserta dari TNI, Polri, PNS, ormas, dan masyarakat. Dalam kesempatan ini Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X ditunjuk sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya yang merupakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo, Sri Sultan menyebutkan bahwa hubungan TNI dan rakyat seperti ikan dan air. Menurutnya, ikan tidak bisa hidup tanpa air, sama seperti rakyat yang selama ini mengandung, merawat, dan membesarkan TNI.

“Untuk itu TNI tidak boleh melupakan rakyat, tidak boleh menyakiti hati rakyat, dan hanya bersama rakyat TNI akan kuat menjalankan tugas,” ujarnya.

Lanjut beliau, sebagai kekuatan militer yang hebat TNI harus memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah, mandiri dan berkepribadian. Dikatakannya, TNI juga harus bisa berdiri tegak di semua golongan untuk mempersatukan ras, suku, agama.

Menurutnya, kemajemukan bangsa Indonesia kini menjadi satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus dari TNI. Ia menilai, keragaman dan perbedaan jangan sampai menjadi sumber konflik. “TNI bisa menjadi sumber kekuatan menjaga kemajemukan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sri Sultan berharap TNI bisa berada di baris terdepan untuk memperkuat ketahanan nasional di Indonesia. Ia berpesan agar seluruh prajurit TNI terus meningkatkan kemampuan rofesionalisme dimana pun bertugas.

“Peliharalah, jagalah, kemanunggalan TNI bersama rakyat. Pegang teguh Sapta Marga dan sumpah prajurit yang mencintai dan dicintai rakyat. Selamat HUT Ke 70 pada segenap anggota dan keluarga besar TNI di mana pun bertugas,” katanya.

Dalam peringatan ini hadir pula Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Wagub AAU, Kapolda DIY, Danlanal Yogyakarta, Bupati Kulonprogo  dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya..

Seusai Upacara di lanjutkan acara tambahan yaitu pementasan sosio drama perjuangan Panglima Jend Sudirman dan pertunjukan tarian Menoreh dari Kab Kulonprogo.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer