BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Hama Mengancam Babinsa Turun Sawah Semprot Padi

Hama Mengancam Babinsa Turun Sawah Semprot Padi

Hama ulat dan wereng coklat sudah mulai mengancam tanaman padi musim tanam pertama di kecamatan Karanganyar, sehingga menimbulkan keresahan bagi para petani. Babinsa Ramil 04/Karanganyar Kodim 0710/Pekalongan bersama mantri tani Karanganyar dan petani melaksanakan penyemprotan bersama tanaman padi di sawah milik petani binaan koramil. Kamis (2/4).

Luas lahan padi yang disemprot sekitar Sembilan hektar. Selain itu, tujuan penyemprotan ini untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi.

Danramil 04/Karanganyar Kapten lnf Aziz Lalo  mengatakan bahwa penyemprotan tanaman padi untuk mengantisipasi  hama ulat dan wereng coklat. Serta menyampaikan kepada para petani bahwa TNI bersama dinas pertanian mengajak para petani proaktif menanggulangi serangan hama ulat dan wereng coklat yang sudah mulai menyerang tanaman padi, ini sesuai dengan Mou antara TNI dengan Pemda Pekalongan maupun Kecamatan yang mana TNI mendukung penuh program peningkatan swasembada pangan nasional.

Selain itu Danramil juga menghimbau dan mengajak para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut, “Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama, maka hama ulat tidak akan berpindah ke sawah yang lainnya dan akan mati”

Dalam kegiatan tersebut, Koramil menurunkan anggota bintara pembina desa (Babinsa) untuk membantu petani memerangi ancaman hama ulat dan wereng coklat tersebut. Di tempat tersebut, seluruh anggota Koramil membawa tangki semprot berisi Marshal 200 SC dan Baycard 500 EC terjun ke lahan tanaman padi yang ada.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer