BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Irdam IV/Dip Tutup Latihan Posko-I Korem 071/WK
Irdam IV/Dip Tutup Latihan Posko-I Korem 071/WK

Irdam IV/Dip Tutup Latihan Posko-I Korem 071/WK

Irdam IV/Dip Kolonel Kav Hasto Pr Yuwono menutup Latihan Posko-I Tingkat Korem 071/Wk “Wijayakusuma” Kodam IV/Dip TA.2015 berlangsung Kamis (10/9) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto Sokaraja Banyumas.

Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Jaswandi dalam amanatnya yang disampaikan Irdam IV/Dip menyampaikan bahwa dengan selesainya latihan ini, saya berkeyakinan bahwa saudara telah memiliki pemahaman serta kemampuan yang memadai dan mampu merealisasikan tugas tanggung jawabnya secara tepat dan proporsional di lapangan.

“Saya percaya bahwa saudara akan mampu menjawab semua bentuk tantangan tugas yang dihadapi dan mengaplikasikan dalam tugas pokok satuan, khususnya dalam rangka memberikan bantuan kepada Pemda/Polri apabila terjadi bencana alam ataupun konflik komunal diwilayah”, terang Pangdam IV/Dip.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan selamat atas keberhasilan para peserta latihan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan latihan ini. Dengan harapan agar segala materi yang saudara terima dapat terus dikaji dan dikembangkan baik untuk kepentingan latihan posko yang akan datang maupun untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas Korem 071/Wk. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga kepada para anggota Komando Latihan atas segala dedikasi dan kerja keras sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik serta dengan hasil yang memadai.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IV/Dip menyampaikan bahwa tantangan tugas pada masa-masa mendatang akan sangat dinamis dan kompleks. Dalam konteks inilah diharapkan kepada segenap prajurit Kodam IV/Dip terutama para peserta latihan posko agar benar-benar mampu memanfaatkan latihan-latihan seperti ini guna menambah kemampuan dan keterampilan yang pada akhirnya mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan baik dan proporsional yang sekaligus mampu membangun citra positif dan kredibilitas TNI dimata masyarakat.

Oleh karena itu, semua materi yang diperolah hendaknya terus dikaji dan diulangi setiap ada kesempatan agar latihan seperti ini membawa manfaat dan benar-benar mampu mencetak prajurit TNI yang handal dan profesional dalam arti siap menghadapi dinamika tantangan tugas masa depan apapun bentuknya.

Selain menyampaikan hal tersebut, Pangdam IV/Dip juga memberikan atensi kepada seluruh prajurit agar meningkatkan profesionalitas keprajuritan dalam rangka mewujudkan prajurit Kodam IV/Dip yang handal, penyelenggaraan latihan posko-I Korem 071/Wk ini jangan dianggap sebagai suatu kegiatan yang bersifat rutinitas, tetapi suatu kegiatan yang berbobot serta bernilai strategis, dengan selesainya latihan posko ini untuk tidak menyurutkan semangat setiap prajurit dalam berlatih karena kebutuhan yang hakiki bagi prajurit adalah latihan. “Kuasai, dalami dan aplikasikan prosedur hubungan komando dan staf secara benar dalam setiap pelaksanaan tugas. Serta jangan membenarkan yang menjadi suatu kebiasaan, tetapi seyogyanya selalu berupaya untuk membiasakan hal-hal yang benar”, terang Pangdam IV/Dip.

Latihan Posko-I Tingkat Korem 071/Wk “Wijayakusuma” Kodam IV/Dip TA.2015 yang telah dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 8 s.d 10 September 2015 yang dibuka oleh Kasdam IV/Dip pada Selasa (8/9) dengan mengambil tema Korem 071/Wk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam erupsi gunung Slamet diwilayah Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas dan Purbalingga dalam rangka operasi penanggulangan bencana BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Latihan Posko merupakan salah satu metode latihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam pemberian bantuan kepeda pemerintah daerah, dengan maksud dan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja antara Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan Komando Pengendali Operasi (Kodalops), dengan semua unsur kelembagaan terkait dalam BPBD sehingga terwujud keterpaduan, kesatuan pengendalian operasi yang efektif, cepat dan baik.

Sasarannya dalam latihan posko ini, agar setiap prajurit dan para peserta latihan memahami dan mampu melaksanakan dan pengendalian operasi dan mengambil keputusan yang tepat dalam menanggulangi bencana yang terjadi di wilayah.

Hadir dalam penutupan Latihan Posko-I Tingkat Korem 071/Wk “Wijayakusuma” Kodam IV/Dip TA.2015 para Danrem sejajaran Kodam IV/Dip, Danrindam IV/Dip, para Askasdam IV/Dip, para Staf Ahli Pangdam IV/Dip, Pa LO, Kabalak dan Komandan satuan jajaran Kodam IV/Dip, Danlanal Cilacap, Dalanud Wirasaba Purbalingga, Ka SPN Purwokerto, Bupati Banyumas beserta unsur FKPD dan Kepala BPBD Kab. Banyumas beserta anggota, Basarnas, dan unsur terkait, Pol PP Banyumas, FKPPI, Pramuka serta para pengawas, pengendali dan pelaku Latihan Posko-I Korem 071/Wk.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer