BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Jamban di Pos Kamling Bantu Wujudkan Keamanan Lingkungan
Jamban di Pos Kamling Bantu Wujudkan Keamanan Lingkungan

Jamban di Pos Kamling Bantu Wujudkan Keamanan Lingkungan

Anggota Satuan Penerangan Kodam (Pendam) IV/Diponegoro bersama warga RT 02/RW 03 Kelurahan Gedawang Kecamatan Banyumanik, Semarang bahu membahu dalam karya bhakti jambanisasi, Rabu (18/01/2017).

Dalam kegiatan ini warga bersama anggota membuat jamban yang dikhususkan untuk poskamling warga.

Lurah Gedawang, Drs. Suharto menyampaikan, nantinya jamban ini berfungsi sebagai saluran pembuangan untuk warga yang sedang menjalani ronda atau menjaga keamanan setempat.

“Dengan adanya ini, warga yang sedang melaksanakan siskamling tidak ada alasan untuk pulang karena sakit perut. Karena biasanya kalo sudah pulang pasti tidak kembali lagi ke pos.” papar Lurah Gedawang.

Dari kegiatan ini, Lurah Suharto menjelaskan meski selama ini program jambanisasi hanya terlihat dari segi kesehatan tenyata juga bisa mendukung keamanan lingkungan terutama di daerah Kelurahan Gedawang yang merupakan daerah binaan Pendam IV/Diponegoro.

Sinergitas antara TNI dengan warga juga diakui oleh Suharto cukup baik, dikarenakan bahwa anggota TNI yang memang terlahir dari rakyat sehingga memudahkannya lebih piawai dalam merangkul warga untuk bersama-sama menjaga teritorial lingkungan setempat.

Warga kelurahan Gedawang juga terlihat antusias dengan adanya program tersebut, itu terlihat dengan partisipasi warga yang bergabung dalam karya bhakti ini. Selain itu program ini juga dibantu oleh siswa-siswi prakerin dari SMK N 3 Jepara dan SMK Sudirman Semarang yang menjalani magang di Kodam IV/Diponegoro.

Lurah Suharto juga berharap agar kegiatan ini bisa menjadi pilot project kedepan dan menjadi program Kodam IV/Diponegoro yang tidak hanya mengarah ke bidang kesehatan tapi juga dari sisi keamanan.

“Harapannya kedepan bisa berlanjut, dan semua pos kamling di wilayah ini diberikan jamban,” harap Lurah Suharto yang wilayahnya berada di sisi timur Markas Kodam (Makodam) IV/Diponegoro.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer